.

.
» » » 11 Manfaat Mengkonsumsi Mangga

Jakarta, RedaksiManado.Com - Mangga, buah tropis berwarna hijau kekuningan dengan daging buah masak berwarna kuning tua yang lezat. Dan di balik kelezatan rasanya, mangga juga menyimpan banyak manfaat kesehatan.

Meski demikian, banyak pakar diet yang melarang konsumsi mangga karena kandungan gulanya yang tinggi. Padahal bila tidak berlebihan, konsumsi mangga tidak berbahaya bagi kesehatan.             Berikut 11 alasan kenapa kita harus memilih mangga, seperti dilansir India Times

1. Membantu melawan kanker
Kandungan antioksidan pada mangga sangat tinggi, seperti kuersetin, isokuersitrin, astragalin, fisetin, asam galik, dan galat metil. Semuanya baik untuk melindungi tubuh dari kanker usus besar, payudara, leukemia, dan prostat  

 2. Membantu mengontrol kolesterol
Mangga kaya vitamin C, pectin, dan serat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Mangga segar juga mengandung potasium, elemen penting bagi sel-sel dan cairan tubuh dan membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

3. Pembersih alami kulit
Mangga membantu membersihkan pori-pori dan meningkatkan kecerahan wajah. Buah ini membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan jerawat. Sebelum membuang kulit manga yang baru dikupas, lebih baik usap-usapkan dulu ke wajah.

4. Mengalkali tubuh
Berdasarkan penelitian di masa lalu, mangga kaya asam tartar, asam malik, dan asam sitrus yang membantu simpanan alkali dalam tubuh.

5. Membantu menurunkan berat badan
Karena kaya vitamin dan zat gizi, mangga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Seratnya juga membantu fungsi pencernaan dengan cara membakar kalori yang berlebih.

6. Mengontrol diabetes
Buat para penderita diabetes, rebus 5-6 daun mangga, diamkan semalam, kemudian minum di pagi hari. Manfaatnya menjaga kadar insulin. Indeks glikemik mangga juga rendah sehingga memakannya dengan tidak berlebihan tak akan mempengaruhi kadar gula dalam darah.

7. Baik buat penglihatan
Mangga juga kaya vitamin A. Semangkuk buah manga mencukupi 25 persen kebutuhan harian akan vitamin A sehingga baik buat kesehatan penglihatan, mencegah mata kering dan rabun senja.

8. Membantu pencernaan
Mangga mengandung enzim yang membantu memecah protein. Serat alami pada mangga membantu pencernan. Mangga juga mengandung serat diet prebiotik, vitamin, dan mineral.

9. Melindungi dari serangan panas
Jus mangga begitu segar sehingga bisa membantu mengusir serangan udara panas yang kita rasakan.

10. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Kombinasi alami vitamin A dan C serta 25 macam karotenoid membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

11. Tinggi zat besi
Mangga juga kaya zat besi sehingga baik buat penderita anemia. Wanita yang sudah menopause atau hamil juga bisa memasukkan mangga ke dalam menu makanan untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.  (Abd)              

EL , 4/24/2017

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: