.

.
» » JAROD Sukses Gelar Dialog Publik “Nasionalisme Patriotisme Pemuda Sulut”





REDAKSIMANADO.COM, MANADO – Dialog Publik dengan tema: ”Memperkokoh Jiwa Nasionalisme, Patriotisme Pemuda Sulawesi Utara dalam Mensukseskan Pembangunan Nasional” yang dilaksanakan pengurus Jurnalis Online Manado (JAROD) bertempat di Hotel Formosa kawasan Bahu Mall Manado berlangsung sukses.
  
Taufik Tumbelaka, S.IP, pengamat politik dan pemerintahan Sulawesi Utara (Sulut), selaku salah satu narasumber menyampaikan tentang modal membangun patriotisme dan nasionalisme.

”Patriotisme dan nasionalisme merupakan kebutuhan kita, modal kita untuk membangun negara adalah dengan semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, jika ini memudar maka muncul semacaman persatuan. Membangun patriotisme ini tidak mudah dan tidak hanya sekali saja, tapi persoalan patriotisme menjadi hal kekinian, ini merupakan kewajiban negara untuk menjaganya,” ujar Tumbelaka yang juga alumnus UGM Yogyakarta ini, Selasa (29/3/2016).

Tambah Tumbelaka, semangat patriotisme harus dapat diwujudkan pemuda dalam membangun daerah Sulawesi Utara, dikatakan Tumbelaka juga bahwa realitas saat ini masyarakat mengalami krisis panutan. Bahkan rakyat Indonesia menurutnya sedang kehilangan identitas.

Tema inipun diulas gamblang oleh Dra. Lenda Pelealu, selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado sebagai pembicara kedua mengurai tentang eksistensi pemuda yang harus menjadi agen perubahan mendorong pembangunan. Pemuda, bagi Kadis Lenda harus memiliki semangat patriotisme, begitupun dengan jiwa nasionalisme yang wajid diimplementasikan pemuda.

”Patriotisme itu berarti bagaimana kita membela bangsa dan menjaga stabilitas negara Indonesia. Nah, pemuda yang tidak punya jiwa patriotisme dan nasionalisme menyebabkan pemuda tersebut apatis, dan tidak mau berpartisipasi dalam pembangunan, karena muncul rasa individualistik. Kita pemuda Indonesia harus memperkokoh patriotisme, seperti di Manado sudah mulai menurun rasa patriotisme dan nasionalisme. Lihat saja, Tarkam sering terjadi. Aspek keluarga, pendidikan dan pemerintah berperan penting dalam mewujudkan rasa patriotisme dan nasionalisme yang harus kita miliki,” papar Lenda.

Sementara itu, Prof Patar Rumapea memaparkan tentang terjadinya degradasi nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme yang patut dibangkitkan kembali. Agar kemudian, kecintaan rakyat Indonesia, khususnya warga Sulawesi Utara terhadap pembangunan nasional dapat diwujudkan secara kolektif dan sinergis, bagi Prof Patar yang juga calon Dekan FISPOL Unsrat Manado ini, KKN juga merupakan bagian dari upaya melemahkan rasa nasionalisme bangsa ini.

”Patriotisme itu adalah upaya dan sikap kita untuk membela yang benar. Jika apa yang dilakukan pemerintah salah, otomatis kita tak perlu membela tentunya, mari kita ambil contoh di negara-negara maju yang tidak lagi sibuk bicara soal nasionalisme. Karena hal ini sudah tuntas, spirit nasionalisme di negara maju masih sangat sedikit sehingga perlu disegarkan atau dibangun kembali. Kita memahami nasionalisme dengan pemahaman kesetiaan dan ketaatan pada negara. Negara pun harus mampu memusuhi KKN, sebab dampak KKN merugikan rakyat,” ujar Prof Patar.

Akademisi Unsrat Manado ini juga mengurai soal posisi dan kewajiban rakyat dalam memunculkan partisipasinya dalam pembangunan. Tidak hanya itu, Prof Patar juga berharap agar kebijakan negara bersifat adil untuk konteks pembangunan yang merata dan tidak bersifat diskriminatif pada daerah.

”Pembangunan di NKRI kita harapkan berjalan adil, merata, dan tidak ada diskriminasi seperti munculnya istilah Primordial Jawa dan non-Jawa, Barat kemudian pembedaan adanya Timur. Kita harus maju dengan kembali memahami sejarah secara utuh bahwa sikap nasionalisme dan patriotisme ini sangat penting dijalankan generasi hari ini. Warga Sulawesi Utara harus kokoh dan dapat mengambil semangat pembangunan dengan menjadi pemberani, pantang menyerah, dan membela yang benar dalam pembangunan,” papar Prof Patar.

(*/iren)

Admin RMC 3/30/2016

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: