.

.
» » » Lerry Tering Optimis Membangun Desa Poopoh Menjadi "Desa Wisata Terbaik Nasional"

Hukum Tua Desa Poopoh, Lerry Tering. foto/adiRMC

RMC
,- Desa Poopoh, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut, menjadi salah satu daerah destinasi wisata baru dan unggulan. Karena, pada beberapa bulan lalu desa ini telah mengikuti lomba antar desa wisata di tingkat Nasional yang dilaksanakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.



Hukum Tua, Lerry Tering mengungkapkan, Desa Poopoh dalam gelaran lomba "desa wisata" tingkat Nasional telah berhasil masuk dalam nominasi 300. Namun, berikutnya dalam nominasi 100 kami (desa poopoh,red), belum berhasil karena masih ada beberapa hal yang belum dapat dipenuhi. Tetapi dengan hasil tersebut Pemdes Poopoh tetap optimis bisa menjadi Desa Wisata Terbaik secara Nasional.
Kantor Desa Poopoh, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa. foto/adiRMC

"Dari Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Perwakilan Sulut, menyatakan akan membantu kami untuk memfasilitasi segala bentuk kekurangan desa dan kemudian akan dikembangkan agar nantinya dapat lagi mengikuti lomba yang serupa," imbuh Lerry kepada sejumlah wartawan. Jumat (08/07/2022), dikediamannya.


Untuk Desa Poopoh sendiri, tambah Lerry, sebenarnya memiliki cakupan wilayah yang cukup luas, karena memiliki 7 jaga dengan profesi kehidupan masyarakat pada pertanian dan nelayan. Tidak hanya itu saja, pesona alam disini juga terbilang kaya.


"Desa kami (Poopoh, red) dikelilingi oleh alam yang cukup baik, kalau di hutan terdapat satwa khas, kemudian ada spot air terjun dan spot bawah laut khusus untuk diving," ujarnya.


Disisi lain, lanjut Lerry, permasalahan desa yang ada saat ini terletak di pengolahan sampah. Karena, belum adanya fasilitas pengangkut sampah serta tempat pembuangan akhir (TPA,red).


"Di tahun 2020 lalu, kami Pemdes Poopoh telah menyiapkan anggaran untuk mengadakan armada sampah, namun karena adanya bencana non alam yakni Covid-19 maka dana tersebut dialihkan untuk penanganannya. Namun, berikut pasti kami akan anggarkan," tandas Lerry, sembari menambahkan saat ini disetiap jaga telah dibuatkan tempat sampah dan diletakkan disepanjang pesisir pantai desa Poopoh.


(ady/RMC)

Adi RMC Minahasa , 7/08/2022

Penulis: Adi RMC Minahasa

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: