.

.
» » » Cara Bedakan Jika Kamu Terinfeksi Flu Biasa Atau Omicron

RedaksiManado.Com
- Covid-19 masih ada dan meski varian Omicron disebut-sebut tidak memiliki tingkat keparahan layaknya varian Delta tetap harus diwaspadai.

Gejala Omicron bahkan dianggap mirip dengan flu biasa. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk bisa membedakan kapan saat Anda diserang flu atau diserang omicron. Ada beberapa hal yang bisa menjadi acuan bagi Anda.

Central for Disease Control and Prevention Amerika Serikat beberapa waktu lalu telah mengeluarkan sejumlah laporan terkait gejala Omicron pada akhir tahun lalu.

Berikut daftarnya, seperti dikutip Sabtu (19/2/2022):
1. Batuk 89%
2. Mudah lelah 65%
3. 1. Hidung tersumbat atau rirone 59%
4. Demam 38%
5. Mual atau muntah 22%
6. Sesak nafas 16%
7. Diare 11%
8. Anosmia atau ageusia 8%

Sementara itu, Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Erlina Burhan menjelaskan saat Anda terserang flu, jarang disertai dengan nyeri tenggorokan atau tenggorokan gatal. Sementara dua gejala tersebut banyak ditemukan pada varian Omicron.

"Gejala yang khas pada omicron adalah hidung tersumbat atau rinore, batuk, nyeri tenggorokan, terutama tenggorokan gatal. Memang sedikit mirip dengan [gejala] flu," ujarnya dalam Seminar Daring berjudul "Super-immunity and Implication on New Variant of Covid-19", beberapa waktu lalu.

"Namun jarang flu itu nyeri tenggorokan dan jarang tenggorokan gatal, flu biasanya adalah pilek dan kadang-kadang disertai batuk."

Dia menambahkan sebagian besar gejala klinis pada Omicron ringan dan bahkan tidak bergejala.

Meski sebagian gejala Omicron bersifat ringan, risiko lebih besar mengintai lansia, orang yang belum pernah divaksin, mereka yang punya komorbid dan anak-anak. Kelompok ini berisiko mengalami gejala yang lebih berat ketika terinfeksi Omicron. **(Cb)

Admin RMC , 3/19/2022

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: