.

.
» » 85 Kabupaten/Kota Zona Merah Penyebaran Covid 19, RO diatas 1

JAKARTA, RMC - Setelah mengumumkan 102 kabupaten/ kota yang masuk Zona Hijau, Pelaksana tugas (Plt) Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal mengatakan terdapat 85 kabupaten/kota masuk dalam kategori tinggi penularan virus corona (Covid-19) alias zona merah.

"85 kabupaten kota memiliki resiko tinggi atau merah," kata Safrizal saat melakukan konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (5/6). seperti dilansir dari CNNindonesia.Com

Safrizal menyebut angka reproduksi atau reproductive number (RO) virus corona di daerah itu masih di atas satu. Menurutnya, kondisi ini menunjukkan kasus positif virus corona masih akan bertambah.

85 kabupaten/kota itu tersebar di Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Bali.

Kemudian Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Meski demikian, kata Safrizal, terdapat 102 kabupaten/kota yang belum terdampak Covid-19. Daerah-daerah ini juga tengah dalam masa menuju pelaksanaan pedoman masyarakat produktif dan aman Covid-19.

"Terdapat 102 kabupaten kota yang tidak memiliki atau belum memiliki kasus, yang siap menuju tatanan baru," kata Safrizal.

Safrizal menambahkan terdapat 180 kabupaten/kota dengan risiko sedang atau berada di zona oranye. Selain itu, 139 kabupaten/kota dengan resiko rendah atau masuk zona kuning.

Menurutnya, beberapa wilayah yang tersebar di sejumlah provinsi kini telah memiliki tingkat penyebaran kasus positif Covid-19 yang semakin menurun.

Wilayah tersebut meliputi Provinsi Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sukawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Hingga hari ini, jumlah kumulatif kasus positif virus corona di Indonesia mencapai 29.521 kasus. Dari jumlah tersebut, pasien yang dinyatakan sembuh 9.443 orang dan 1.770 orang lainnya meninggal dunia.

Kemudian terdapat 49.320 orang dalam pemantauan (ODP) dan 13.592 pasien dalam pengawasan (PDP). Kasus terkait Covid-19 ini telah menyebar di 420 kabupaten/kota. Sementara sampai saat ini, pemerintah telah memeriksa 380.973 spesimen dari 256.810 orang. (Red/CNN)

Redaksi Manado 2017 6/05/2020

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: