.

.
» » Kunker Ke Kemenpar, Tumundo Diminta Kembangkan Home Stay Di Minahasa

JAKARTA, RedaksiManado.Com - Pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Minahasa, Rabu 04 Juli, melakukan kunjungan ke Kementrian Pariwisata Repoblik Indonesia (Kemenpar-RI). Dari hasil kunjungan ini, Disbudpar Minahasa diminta dapat mengembangkan “Home Stay” untuk menunjang Patiwisata di Minahasa.

Hal ini dikatakan Kepala Disbudpar Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, kepada Cybersulutnews.co.id, Kamis (05/07) siang. Menurut Tumundo, hal itu dikatakan langsung Deputi Menteri Pariwisata (Menpar) RI Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizky Ratman SH MPA, di sela-sela keduanya mengikuti rapat koordinasi verifikasi usulan DAK Fisik Bidang Pariwisata Tahun 2019, yang digelar oleh Sekretariat Kemenpar, di Balairung Gedung Sapta Pesona Kemenpar RI, Jakarta.

“Pak Deputi mengharapkan agar pemanfaatan rumah tinggal untuk dijadikan Home Stay di Minahasa terus dikembangkan bahkan ditingkatkan. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan ke Sulawesi Utara, baik wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara. Dipastikan sejumlah objek wisata di Minahasa akan semakin banyak dikunjungi pula oleh wisatawan tersebut,” kata Tumundo mengutip ungkapan Deputi Dadang.

“Mengingat sejumlah hotel besar masih terpusat di ibukota Manado, maka daerah lainnya seperti di Kabupaten Minahasa diminta untuk terus dikembangkan rumah nginap Home Stay termasuk di sekitar kawasan wisata alam Danau Tondano. Kalau Home Stay ini ditata dan di kelola dengan baik, pasti akan turut mengembangkan kawasan sekitar objek wisata itu dan memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat di sekitarnya,” kata Tumundo lagi, melanjutkan kata Dadang.

Akan hal ini, Tumundo pun berujar kepada Deputi bahwa, pihaknya selama ini terus mendorong upaya masyarakat yang berniat menjadikan rumah tinggalnya untuk dijadikan usaha Home Stay, dalam rangka mengantisipasi semakin banyaknya wisatawan yang datang berkunjung di Minahasa.

“Bulan lalu kami telah mengutus puluhan masyarakat pemilik rumah pribadi untuk mengikuti pelatihan pengelola Home Stay yang digelar oleh Kemenpar RI bekerja sama dengan Dispar Provinsi Sulut,” terang Tumundo.

Menurut Tumundo, sebagian besar peserta yang ikut adalah pemilik rumah tinggal di sekitar Danau Tondano yang berminat untuk dijadikan Home Stay. Dirinya pun berjanji, pihaknya akan terus mendorong pihak-pihak yang berminat menjadikan rumah tinggal mereka untuk dikembangkan menjadi Home Stay.(Angel)

Admin RMC 7/04/2018

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: