.

.
» » Cara mengaktifkan Subtitle atau Teks Terjemahan di YouTube

RedaksiManado.Com - Ketika Anda menonton video di YouTube, pernahkah Anda merasa kesulitan untuk mendengar apa yang dikatakan? Atau ketika Anda mendengarkan video musik, Anda juga ingin lirik lagu tampil agar Anda bisa sambil bernyanyi? Anda bisa mengaktifkan subtitle atau teks terjemahan ketika menonton di YouTube, baik melalui desktop ataupun perangkat mobile.

Desktop
1. Buka video yang hendak Anda tonton
2. Klik tombol "CC" pada bagian bawah video
Tombol CC atau closed caption biasanya bisa Anda temukan di sebelah kanan bawah video, di sebelah ikon Settings yang dilambangkan dengan roda gigi. Namun, jangan heran jika tombol ini tidak muncul pada sebagian video karena memang tidak semua video dilengkapi dengan subtitle.
3. Ubah bahasa pada subtitle
Di beberapa video, Anda bisa memilih subtitle yang ingin Anda tampilkan. Satu hal yang harus Anda ingat, subtitle yang dibuat secara otomatis atau auto-generate biasanya tidak terlalu akurat, terutama terkait nama.
Mobile
Pada desktop, Anda harus mengaktifkan subtitle pada setiap video. Lain halnya ketika Anda menggunakan YouTube di perangkat mobile. Pada smartphone atau tablet, Anda harus mengaktifkan subtitle atau caption sejak awal. Untungnya, caranya cukup mudah.

1. Buka aplikasi YouTube
2. Masuk ke akun Anda (yang dilambangkan oleh foto/gambar Anda)
3. Masuk ke menu Settings
4. Pilih opsi Captions
5. Aktifkan CC dengan menggeser tombol di bagian atas.

Pada perangkat mobile, Anda juga bisa melakukan kustomisasi dari tampilan subtitle yang muncul. Untuk itu, ketuk "Caption Style" dan pilih opsi "Custom", akan muncul berbagai opsi baru di bagian bawah. Secara default, subtitle akan muncul dengan font ukuran medium dengan warna putih pada latar belakang hitam. Dengan opsi Custom, Anda bisa mengubah warna latar belakang, tingkat transparansi dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengubah bahasa subtitle yang muncul pada video. Satu hal lain yang harus Anda ingat, jika sebuah video memang tidak memiliki subtitle, maka subtitle tetap tidak akan muncul.  (Red)

Redaksi Manado 2017 6/12/2018

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: