.

.
» » Dialog Publik JAROD “Animal Spirit - Kemerosotan Moral – Tidak Setuju Pancasila Dalam 4 Pilar”





REDAKSIMANADO.COM, MANADO – Amas Mahmud sebagai Ketua Jurnalis Online Manado (Jarod) kembali menggelar Dialog Publik yang menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten di bidangnya sesuai dengan tema dialog yang di angkat.

Dialog Publik kali ini Jarod membahas dengan tema “Wujudkan Kesadaran Masyarakat Sulut Melalui Peningkatan Wawasan Pilar Kebangsaan” menghadirkan narasumber Alfon Kimbal akademisi Unsrat, Syarifudin Saafa Anggota DPRD Kota Manado, Erick Kawatu Ketua KNPI Manado yang diwakili Andrew Pattymahu Ketua Harian KNPI Manado, di Aston Hotel, Kamis (26/5/2016) siang.

Alfon Kimbal pemateri pertama mengatakan Negara Indonesia muncul ‘Animal Spirit’ dengan warga yang dihormati namun terjerat kasus korupsi, sehingga kita diperhadapkan dengan empat pilar dengan kesadaran masyarakat.

“Jadi banyak hal bagaimana animal spirit mulai merajalela, di daerah juga cukup banyak, ada politik dinasti, politisasi birokrasi, birokrasi dijadikan alat politik. Itu yang terjadi,” kata Kimbal.

Untuk itu dalam persoalan besar budaya bangsa, kita harus lakukan transformasi untuk melihat animal spirit. Transformasi kesadaran dan transformasi nilai dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan secara strukturan dan cultural.

Andrew Pattymahu juga mengatakan di Indonesia khususnya Sulawesi Utara terjadi kemerosotan moralitas. Bisa terlihat dari pemberitaan media termasuk sejumlah video yang beredar di youtube banyak yang menghina Pancasila.

“Disadari akhir-akhir ini wawasan kebangsaan atau 4 pilar kebangsaan di pemuda-pemuda sudah sangat memudar, Ketua MPR pun berujar hal itu akan jadi ancaman bangsa Indonesia,” kata Pattymahu

Sementara itu, Syarifudin Saafa sebagai pemateri terakhir mengakui sebenarnya dirinya tidak setuju Pancasila masuk dalam 4 pilar kebangsaan, karena Pancasila itu dasr Negara bukan pilar.

(iren)

Admin RMC 5/28/2016

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama