.

.
» »Unlabelled » Pesawat Tempur Canggih Rusia Dijatuhkan Rudal Panggul Ukraina


RedaksiManado.Com
- Sejumlah jet tempur canggih Rusia dikabarkan jatuh ditembak rudal panggul tentara Ukraina. Peristiwa ini menambah panjang daftar kerugian di pihak Rusia setelah helikopter serbu dan konvoi tentara mereka dihancurkan oleh rudal-rudal drone Bayraktar TB2.Serangan Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-11 (6/3). 

Korban pun semakin banyak berjatuhan dari kedua belah pihak. Rusia telah menguasai beberapa area atau wilayah di Ukraina, sekaligus menghancurkan beberapa fasilitas penting Ukraina.

Sebaliknya, Ukraina juga banyak menembak jatuh pesawat-pesawat canggih Rusia hingga terbakar dan jatuh ke darat. Seperti dilansir dari website The Drive, beberapa pesawat tempur Rusia harus takluk disengat rudal-rudal jarak pendek tentara Ukraina.

Beberapa jenis pesawat tempur Rusia yang dinyatakan jatuh adalah 1 jet tempur SU-30SM Flanker, 2 unit SU-34 Fullback, serta 2 unit SU-25 Frogfoots, termasuk 2 unit Mi-24/Mi-35 dan dua Mi-8 helikopter, juga pesawat tak berawak Orlan.

Sejauh ini memang belum ada pernyataan resmi dari pihak Ukraina maupun Russia mengenai hancurnya pesawat-pesawat tersebut. Tetapi dari banyak sumber yang beredar, khususnya dalam bentuk video, pesawat-pesawat perang Rusia jatuh karena ditembak oleh rudal panggul tentara Ukraina.

Dalam video yang beredar di lini masa media sosial, pesawat-pesawat Rusia itu mampu dijangkau oleh rudal panggul atau Manpads (Man-Portable Air-Defense System) jenis Stinger, Igla, hingga Javelin. Pilot-pilot Rusia tidak bisa menghindari serangan itu karena pesawatnya terbang rendah.

Manpads FIM-92 Stinger diproduksi oleh perusahaan Raytheon Missile Systems asal Amerika Serikat. Rudal permukaan ke udara ini punya jarak tembak efektif 4.800 meter dengan hulu ledak 3 kg.

Sementara Manpads Igla merupakan alutsista peninggalan Uni Soviet yang memiliki jangkauan hingga 5.200 meter dengan hulu ledak 1,17 kg. Sedang Manpads Javelin merupakan buatan perusahaan Inggris (Thales) yang mempunyai jarak tembak efektif 4.500 meter dengan hulu ledak high explosive. ***(D)

Admin RMC 3/06/2022

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: