.

.
» » Bimtek SPIP Berbasis Web, Pengemanan Imbau ASN Bekerja Maksimal


Bitung, RedaksiManado.Com-Sekretaris Kota Bitung DR Audy Pangemanan, AP, M.Si membuka Bimbingan Teknis Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Berbasis Web di Lingkungan Pemerintah Kota Bitung, bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Wali Kota Bitung. Senin (17/07/19). 

Dalam sambutannya Pangemanan mengatakan bahwa penyelengaraan kegiatan pada perangkat Daerah mulai dari perencanaan pelaksanaan pelaporan dan pengawasan hingga pertanggung jawaban harus dilaksanakan secara tertib terkendali serta efisien dan efektif.

"Salah satu unsur yang diperlukan untuk mendapatkan sistem pengendalian yang memadai adalah memperkuat peran aparat pengawasan interen Pemerintah (SPIP) yang efektif," tukasnya

Penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP kata Pangemanan, dilakukan dengan mengunakan enam Parameter penilaian terhadap unsur dan sub unsur penyelenggaraan SPIP. 

Tambahnya, setiap parameter mewakiki enam kategori , penerapan SPIP bukan sekedar Formalitas untuk memenuhi suatu ketentuan peraturan perundang-undangan , SPIP harus di terapkan sabagai suatu budaya atau kultur pengendalian yang menjadi bagian dari bidaya kerja organisasi.

"Selain itu, penerapan SPIP bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi," tandasnya.

Lanjutnya, untuk membangun SPIP sebaiknya dipahami berbagai proses manejemen penyelenggaraan , penerapan SPIP ini dilaksanakan oleh pimpinan dan seluruh pegawai,"dan diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan Pemerintah Daerah dengan mandat pelaksanaan SPIP ini lebih dibebankan pada orang atau jabatan," ucapnya

Katanya lagi, sesuai dengan target pemerintah pusat dalam RPJM level Maturitas SPIP pada Tahun 2019 harus pada level tiga berkaitan dengan hal tersebut kita berharap adanya upaya yang konkrit dan kesungguhan dari seluruh OPD untuk meningkatkan maturitas SPIP di Kota Bitung," juga saya mengimbau agar seluruh ASN untuk meningkatkan kinerjanya secara maksimal agar bisa mencapai target tersebut," imbuhnya. 

Pangemanan berharap agar pelaksanaan BIMTEK ini dapat di ikuti dengan baik dan saksama kepada narasumber dan tim, ia berpesan agar dalam melaksanakan BIMTEK ini lebih banyak melibatkan peserta dalam berinteraksi sehingga materi yang di berikan lebih efektif.

Turut hadir Kepal Perwakilan BPKP Provinsi Sukawesi Utara ( Bpk Sofyan Anthonius ) Para narasumber dari BPKP Prov. Sulut , Asisten I II III Staf ahli Kepala Perangkat Daerah. (Ical)

Richardo Pangalerang 6/17/2019

Penulis: Richardo Pangalerang

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: