» » » Kota Bitung Raih TPID Berprestasi, Wakili Walikota Wowiling Terima Penghargaan

Presiden RI, Ir. Joko Widodo menyerahkan penghargaan kepada Pemkot Bitung yang diterima Assisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Jeffry Wowiling
BITUNG, RedaksiManado.Com - Kota Bitung kembali mengukir prestasi, kali ini kota Cakalang berhasil meraih penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) berprestasi se-Sulawesi Tahun 2018.

Penghargaan ini diberikan setelah tim TPIP melakukan evaluasi terhadap kinerja TPID kota Bitung tahun 2017 dinilai mampu mengendalikan inflasi dengan sejumlah kegiatan dan program yang dilakukan.

Penghargaan ini diberikan langsung Presiden RI Joko Widodo kepada Walikota Bitung yang diwakili oleh Asisten bidang perekonomian dan pembangunan setda kota Bitung Jefri Wowiling dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi IX Tahun 2018 di Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (26/7/18).

Rakornas TPID merupakan kegiatan rapat tahunan yang diselenggarakan oleh Pokjanas TPID yakni Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, dan Bank Indonesia melalui beberapa pejabatnya diantaranya, Gubernur BI Perry Warjiyo, Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo, Deputi Gubernur BI Sugeng, dan pejabat BI lainnya. Selain itu dihadiri pula oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengutarakan rasa terima kasih atas upaya semua pihak menekan inflasi hingga di bawah 4%. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas capaian inflasi. Segenap anggota TPID. Karena selama empat tahun kita betul betul bisa menekan inflasi pada angka dibawa 4%,” ucapnya.

Menurut Jokowi, upaya upaya pengendalian inflasi ini harus terus dilakukan. Khususnya koordinasi antara pemerintah pusat dengan daerah yang harus terus ditingkatkan. “Ini harus terus ditindak lanjutkan karena saya lihat koordinasi pusat dan daerah semakin baik. Ada satgas pangan di pusat dan daerah kerja dengan baik,” jelasnya.

Wali Kota Bitung Maximilian J Lomban mengatakan tema yang diambil Rakornas TPID tahun ini yakni “Mempercepat Pembangunan Infrastruktur Untuk Mewujudkan Stabilitas Harga dan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkualitas” sangat tepat dan sesuai dengan kondisi perekonomian bangsa Indonesia saat ini yang semakin berkembang dan bertumbuh ke arah yang lebih baik.

“Prestasi ini merupakan kebanggaan kita semua bukan hanya pemerintah saja, melainkan seluruh elemen masyarakat yang turut andil dalam menjaga kestabilan harga sembako khususnya cabe, sehingga tetap stabil dan tidak mengalami inflasi secara signifikan bahkan ketika perayaan hari-hari besar keagamaan,” ujar Lomban.

Kedepan, lanjut Lomban, prestasi ini harus dipertahankan bahkan ditingkatkan tentunya dengan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi, pemerintah pusat, bahkan satke holder serta instansi terkait lainnya.

Seperti diketahui TPID terbaik kawasan Sulawesi diraih provinsi Sulawesi Utara, dan TPID berprestasi untuk kabupaten/kota se-Sulawesi diraih kota Bitung, sedangkan untuk TPID terbaik kabupaten/kota se-Sulawesi di raih kota Makassar.(Ical)

Rich Pangalerang , 7/26/2018

Penulis: Rich Pangalerang

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: