» » Dukcapil Minahasa Kerjasama Dengan RSUD Terkait Penerbitan Akte Kelahiran

MINAHASA, RedaksiManado.Com - Demi meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Minahasa bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sam Ratulangi Tondano, untuk penerbitan Akta kelahiran bagi bayi yang baru lahir.

Hal ini merupakan pelaksaaan program kerja sama antara dua instansi belum lama ini. Kepala Dukcapil Minahasa Drs Riviva Maringka MSi mengatakan, tujuan dilakukanya hal ini, agar setiap anak yang lahir di RSUD Tondano bisa langsung memiliki akta kelahiran.

Selain itu orangtua tidak lagi repot-repot untuk mengurus akta dengan mendatangi kantor Dukcapil. "Kami melakukan ini salah satunya untuk kenyamanan masyarakat, agar lebih mudah untuk mengurus salah satu dokumen kependudukan, seperti akta anak," kata Maringka.

Lanjut Maringka, saat ini banyak orangtua yang mempunyai anak tapi belum dibuatkan akta dengan berbagai alasan. "Padahal kami dari pihak pemerintah, tidak pernah memberikan kendala apapun bagi masyarakat yang ingin melakukan kepengurusan dokumem kependudukan. Maka dari itu kami lakukan program ini untuk membantu masyarakat, agar setiap anak lahir di kabupaten Minahasa langsung memiliki Akta kelahiran," ungkapnya.

Ia menambahkan, mekanisme kepengurusannya pihak RUSD hanya melaporkan kepada Dukcapil, kemudian aktanya langsung diterbitkan.

Terpisah, Dirut RSUD Sam Ratulangi Tondano, Mariani Suronoto mengatakan, untuk membantu pemerintah, pihak rumah sakit selalu ikut dalam program yang ada.
"Program ini supaya tidak ada lagi bayi lahir tanpa akta kelahiran. Sehingga para orangtua tidak lagi repot untuk mengurusnya," katanya.

Lanjut Suronoto, saat ini banyak orangtua yang nanti akan mengurus akta setelah anaknya berumur beberapa tahun. "Banyak anak-anak nanti diurus jika sudah sekolah karena alasan lupa. Dan itu suda sesuai dengan Permendagri, di mana instansi terkait harus membantu pemerintah dalam mempercepat kepemilikan akta kelahiran untuk setiap anak di RUSD Tondano," pungkasnya. ***(Angel)


Redaksi Manado 7/26/2018

Penulis: Redaksi Manado

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: