.

.
» » » Buah Nangka, Si Manis yang Kaya Manfaat

RedaksiManado.Com - Siapa yang tidak mengenal buah nangka. Buah yang satu ini pantas untuk dinikmati karena rasa manisnya dan juga segar.Banyak orang yang mengolah buah nangka menjadi jusa atau juga manisan. 

Buah nangka bisa Anda jadikan sumber gizi dan protein untuk tubuh karena buah ini memang memiliki banyak kandungan gizi yang baik.Berikut ini manfaat dan khasiat nangka yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir laman Care2, 

1. Sarat dengan nutrisi
Nangka adalah buah padat nutrisi. Nangka mengandung phytonutrients, vitamin, mineral dan elektrolit. Berikut adalah nutrisi dalam satu cangkir (165g) nangka.
-Kalori: 157.
-Serat makanan: 2.5g. 
-Protein: 2.8g.
-Kalium: 739mg.
-Karbohidrat: 39g.
-Vitamin B6: 25 persen asupan harian yang direkomendasikan (RDI).
-Magnesium: 12 persen dari RDI.
-Vitamin C: 37 persen dari RDI.
-Kalsium: 4 persen dari RDI. 
Nangka juga mengandung sejumlah kecil zat besi, vitamin A, sodium, folat dan seng. 

2. Bisa mencegah defisiensi magnesium
Tahukah Anda bahwa 50 sampai 80 persen orang Amerika kekurangan magnesium? Asupan makanan rendah magnesium yang rendah harus disalahkan untuk hal ini.Faktor lain yang berkontribusi termasuk konsumsi transgenik, penyakit pencernaan dan penggunaan obat-obatan buatan yang tinggi. 

Secangkir nangka akan memberi Anda 12 persen asupan magnesium harian yang disarankan.Penelitian menunjukkan bahwa asupan magnesium yang memadai bisa menurunkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda
Secangkir nangka mengandung 37 persen asupan vitamin C harian yang disarankan. Dan seperti yang Anda ketahui, vitamin C melindungi sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit. 

Vitamin C juga merupakan antioksidan kuat yang berarti akan melawan radikal bebas di tubuh Anda. Radikal bebas telah dikaitkan dengan penuaan dini, kanker dan risiko infeksi yang tinggi. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C bisa mengurangi risiko kanker payudara. 

4. Bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular
Nangka bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda karena mengandung vitamin B6. Studi ini menemukan bahwa suplementasi asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12 bisa menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung sebesar 25 persen.
Kalium juga dikenal untuk mengatur tekanan darah. Dan secangkir nangka akan memberi Anda 21 persen dari potasium yang direkomendasikan setiap hari. 

5. Mengatasi masalah pencernaan Anda
Biji nangka mengandung serat dalam jumlah tinggi. Mengonsumsi makanan berserat tinggi mengurangi sembelit dan memperbaiki pergerakan usus. Serat juga bisa membantu menurunkan berat badan jika itu tujuan Anda. 

6. Bisa meningkatkan kesehatan mata
Nangka mengandung vitamin A. Nutrisi ini telah terbukti bisa meningkatkan kesehatan mata dan mencegah katarak dan korteks.Lutein Zeaxanthin, senyawa yang ditemukan dalam nangka membantu melindungi mata dari sinar ultraviolet dan gelombang cahaya berbahaya lainnya. 

7. Mencegah osteoporosis
Peningkatan asupan magnesium dan kalsium bisa memperkuat tulang dan menurunkan risiko osteoporosis dan artritis. Beruntung bagi kita, nangka mengandung kedua nutrisi tersebut.
Penelitian menunjukkan bahwa kadar magnesium dalam tubuh yang memadai membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan vitamin D.(IMK)
 

Redaksi Manado 2017 , 9/20/2017

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: