.

.
» » » Camat se-Kabupaten Minahasa & Kemendikbud Komitmen Penuntasan PAUD

MINAHASA, RedaksiManado.Com – Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Repoblik Indonesia (RI), bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Minahasa, menggelar sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra SD, bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano Selasa (18/04).
Kepala Disdik Minahasa Drs Arody Tangkere MAP mengatakan, tujuan dari kegiatan ini yakni untuk meningkatkan akses mutu PAUD yang berkualitas dan bermartabat serta untuk peningkatan mutu layanan PAUD pada satuan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Minahasa.
Sosialisasi yang juga membahas soal kurikulum PAUD 2013 ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, mewakili Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, dan diikuti oleh sekitar 80 guru PAUD se-Kabupaten Minahasa, dengan pemateri Tim Pelatih PAUD Nasional dari Kemendikbud RI.
Korengkeng dalam sambutannya mewakili Bupati JWS mengatakan, pihaknya turut mengapresesi karena Minahasa dipilih sebagai tuan rumah kegiatan sosialisasi ini di Sulawesi Utara, karena tidak semua Kabupaten bisa dipilih melaksanakan kegiatan ini.
“Dipilihnya Minahasa dari 15 Kabupaten/ Kota di Sulut untuk menggelar kegiatan ini tentu merupakan suatu penghargaan dari Kemendikbud. Untuk itu kami mengapresiasi dan berterima kasih atas kepercayaan ini dan diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti acara ini dengan baik,” pungkasnya.
Bunda PAUD Minahasa DR Olga Sajow Singkoh MHum, saat membawakan materi dalam kegiatan ini menuturkan, bahwa dari 15 Kabupaten/Kota, Pemkab Minahasa mendapatkan kehormatan untuk dikunjungi oleh pihak Direktorat Pendidikan PAUD, termasuk menjadi satu-satunya Kabupaten di Sulut yang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi penuntasan Ikut PAUD satu tahun pra SD ini.
Sementara, Direktur Pembinaan Pendidik PAUD Kemendikbud RI Raden Ella Yuliawati, saat memberikan materi sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra SD mengatakan bahwa, maksud dilaksanakannya kegiatan ini membentuk karakter serta meningkatkan kualitas anak-anak di Kabupaten Minahasa sejak dini, agar kedepan bisa menjadi manusia yang berdaya saing dan berkualitas. Dimana menurutnya, revolusi mental harus dimulai dari anak usia dini.
Dibagian lain, Yuliawati juga sempat menyatakan keprihatinannya atas Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pendidikan anak usia dini di Kabupaten Minahasa yang anjlok dari angka Rp 4 Miliard tahun anggaran 2006, turun drastis menjadi hanya Rp 500 juta pada tahun anggaran 2017.
”Untuk itu kami mohon kedepan, jangan ada lagi kesalahan input data dari para guru-guru, sebelum menginput data, hendaknya dicek lagi apakah datanya sudah benar atau belum,” pungkasnya.
Kegiatan sosialisasi ini kemudian dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen Penuntasan Ikut PAUD Satu Tahun Pra SD dengan Direktur Pembinaan Pendidik PAUD Kemendikbud RI Raden Ella Yuliawati dengan para Camat se-Kabupaten Minahasa.
Kegiatan sosialisasi ini sendiri akan berlangsung selama tiga hari, hingga 20 April 2017 di dua tempat yakni di BPU Tondano hari pertama dan hari kedua dan ketiga di Aula Maria Magdalena Tresna, Kompleks Pusgiat, Tondano.(Angel)




Angel Mendur , 4/18/2017

Penulis: Angel Mendur

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: