.

.
» » » Pilkada DKI Sangat Mengerikan, Diwarnai Dengan Rasa Kebencian

JAKARTA, RedaksiManado.Com - Pengamat Politik Center for Strategic and International Studies (CSIS) J Kristiadi menilai, maraknya isu primordial di Jakarta sepanjang Pilkada DKI Jakarta 2017, merupakan kondisi yang sangat mengerikan.

"Jadi sangat mengerikan. Isu-isu primordial muncul, didisain untuk orang saling curiga dan saling membenci. Akibatnya, produk permusuhan terjadi luar biasa," ujar Kristiadi pada evaluasi pelaksanaan Pilkada serentak 2017 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Selasa (21/3). 

Menurut Kristiadi, kondisi tersebut kemungkinan terjadi karena partai politik tidak mampu menyiapkan calon yang berkualifikasi baik.Sehingga akhirnya, menghalalkan cara-cara yang tidak baik, demi meraih kemenangan. 

"Jadi substansi politik tidak memberikan pendidikan ke masyarakat, malah merusak institusi. Saya berharap jangan ada lagi kampanye-kampanye (pilkada,red) diisi dengan gagasan yang memecah belah bangsa," ucap Kristiadi. 

Kristiadi menyatakan pandangannya, karena jika pilkada diisi dengan sentimen dan rasa kebencian, maka opini publik memilih dengan cerdas, tergeser dengan sentimen-sentimen. 

"Akhirnya orang akan mencari alternatif lain, bukan sistem demokrasi pilkada seperti ini. Karena itu pemerintah harus jelas, revisi singkat undang-undang yang memberi ketegasan. Jangan sampai terjebak dalam pilkada hanya untuk kekuasaan, yang isinya soal SARA," pungkas Kristiadi. (TL)

Redaksi Manado 2017 , 3/22/2017

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama