.

.
» » » DISKES KOTAMOBAGU GELAR PERTEMUAN TENTANG PROGRAM BOK & PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL

KOTAMOBAGU, RedaksiManado.Com.- Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu menggelar pertemuan Pergerakan  Pogram Bantuan Operasional Kesehatan (BOK)  Dinas Kesehatan kotamobagu tahun anggaran 2017, bertempat di-Restoran  Lembah Bening Kotamobagu Kamis (19/10/2017).
Kegiatan ini dalam rangka  penguatan advokasi kepada mereka yang melakukan pelayanan kesehatan tradisional, di buka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu drg. Abdul Haris Mongilong, dengan menghadirkan seluruh petugas pengelolah program BOK yang ada disetiap Puskesmas yang ada di-Kota Kotamobagu.
Kepala Dinas Kesehatan yang juga selaku pemateri dalam kegiatan ini menyampaikan tentang bagaimana pelayanan dan pemanfaatan kesehatan tradisional serta peningkatan sumber daya manusia yang terlati, kemudian pemanfaatan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK).
Menurutnya, pemanfaatan kesehatan tradisional harus kita berdayakan , dan perlunya ada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam artian pemanfaatan tenaga kesehatan tradisional, namun secara juga yang profesional agar kesehatan secara modern dan tradisional dapat terkontrol. Dicontohkannya seperti Mama Biang itu harus terlatih dan kita harus fasilitasi dengan pemberian fasilitas melahirkan.
“ Kita dari tenaga kesehatan harus memberikan pemahaman serta mensosialisasikan tentang program pelayanan kesehatan tradisional, yang tentunya, selain memberikan jaminan kesehatan nasional. Kita harus memendukung peningkatan sumber daya manusia yang terlatih kemudian memberikan fasilitas melahirkan kalau seperti mama biang. “
Lanjutnya, dalam pengoperasian bagi tenaga tradisional harus mengurus ijin praktek. Harus ada rekomendasi dari Dinas Kesehatan dalam pengurusan keterkaitan dengan ijin operasinya. Kemudian tenaga Bidan harus memprotek semua itu agar pelayanan kesehatan secara modern dan tradisional dapat terkontrol. “ Kata drg. Haris Mongilong
Dalam kegiatan ini Dinas Kesehatan memberikan kesempatan kepada peserta yang hadir , dengan membuka sesi tanya jawab atas keterkaitan permasalahan yang ditemui di wilayah masing masing serta tatacara pemanfaatan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK).    (EP).

Admin RMC , 10/19/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: