.

.
» » 6 Lokasi Puncak HPSN di Sulut, pada 24 Februari

MANADO, RedaksiManado.Com– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) semakin mantapkan strategi Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017 sekaligus dirangkaikan bersih-bersih pantai dan laut, Jumat 24 Februari mendatang.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Ir Marly E Gumalag mengatakan HPSN 2017 sebenarnya tepat hari ini (Selasa, 21 Februari-red).
“Kami sudah laporkan kepada pimpinan sekaligus kegiatan bersih-bersih muara sungai, pantai dan laut puncaknya 24 Februari dengan menggandeng Pemerintah Kota (Pemkot) Manado,”jelas Gumalag saat rapat dengan instansi terkait di ruang WOC Kantor Gubernur, Selasa (21/2) sore tadi.
Dikatakan Gumalag, HPSN Jumat 24 Februari mendatang dimulai pukul 06.00 Wita, dimulai dengan apel bersama di parkiran Manado Town Square (Mantos) II.
Dengan fokus enam lokasi yakni muara sungai terminal Malalayang, muara sungai Bahu, muara sungai Sario, DAS Tondano/kali jengki, muara sungai Tumumpa, dan pulau Bunaken dan pantai sekitarnya.
Tentu, kegiatan bersih-bersih pantai dimintakan menyiapkan karung-karung yang sudah dipilah untuk sampah organik dan plastik,”tutur Mantan Kadis ESDM Sulut tersebut.
Diketahui, tema besar HPSN 2017 yakni “Melaksanakan pengelolaan sampah terintegrasi dari gunung, sungai dan laut untuk mewujudkan Indonesia bebas sampah tahun 2020”.
Jumlah personil masing-masing SKPD secara rutin dilaksanakan 10 orang seperti setiap bulan sebelumnya.”Pengalaman kami, di musim hujan pasti sampah banyak menumpuk di darat pesisir,”pungkasnya, sembari mengharapkan kesediaan setiap instansi terlibat dalam bersih-bersih tersebut.
Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Ronald Sorongan hadir dalam rapat menambahkan sudah terjadwal atau bertanggung jawab bersih-bersih pantai, dengan matriks sudah diketahui setiap instansi.
Terkait HPSN juga kegiatan rutin Pemprov setiap bulan bersih-bersih pantai dan laut, Februari jadwal Pemkot Manado.
“Ini komitmen kita bersama, yang jelas tiap bulan kita bantu Manado dan sekitarnya bersihkan sampah di laut, bantaran sungai dan dimanapun lokasi yang sudah tertumpuk agar lingkungan sehat, indah dan bersih,”kunci Sorongan.[Jak]

Admin RMC 2/22/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama