.

.
» » » Wali Kota Vicky Lumentut Bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor

BOGOR, RedaksiManado.Com – Wali Kota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan 98 walikota se-Indonesia diundang Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, untuk membahas berbagai persoalan serta kendala yang dihadapi pemerintah kota masing-masing, di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Senin (23/07/18) tadi.

Wali Kota Vicky Lumentut mendapat kesempatan bersama 32 walikota pada sesi pertama pukul 09.00 Wita bertatap muka dengan Presiden. Selain, Wali Kota Vicky Lumentut tampak pula Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wali Kota Bogor Bima Arya dan dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakraban dibagi dalam tiga sesi itu, Presiden Jokowi meminta para Walikota agar tanggap terhadap isu-isu yang berkembang baik nasional maupun internasional khususnya isu-isu menyangkut ekonomi akibat tekanan yang dilakukan negara luar terhadap Indonesia.

“Saya memang mengagendakan pertemuan khusus seperti ini supaya persoalan-persoalan semuanya secara detil bisa tersampaikan. Sehingga dalam menyelesaikan masalah-masalah di lapangan bisa segera kita lakukan. Semua negara merasakan bukan hanya Indonesia.

Baik yang berkaitan dengan perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina, juga yang berkaitan dengan kenaikan suku bunga The Fed di Amerika yang kita tidak bisa mengintervensi apapun dan semua negara sekali lagi mengalami. Saya kira kita tidak perlu terlalu khawatir. Tetapi yang paling penting menurut saya kita tahu apa yang sedang terjadi,” ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengingatkan para walikota tentang antisipasi terhadap perubahan dunia yang begitu cepat diantaranya Revolusi Industri 4.0 yang perubahannya sudah diprediksi, termasuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

“Kita harus sadar betul bahwa akan terjadi perubahan besar yang sangat cepat sekali. Kota juga harus menyiapkan diri dalam mengantisipasi menyiapkan SDM-SDM dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat. Saya kira kita tahu semuanya artificial intelligence, big data kemudian penemuan-penemuan yang berkaitan hyperspace, Tesla. Kalau ini kita menyadari kita akan sadar betul apa sih yang harus kita siapkan,” tukas Presiden Jokowi.

Kepada para walikota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tersebut. Pertemuan dengan para walikota tersebut dilaksanakan dalam tiga sesi, yakni sesi pertama pukul 09.00 WIB, sesi kedua pukul 12.00 WIB dan sesi ketiga pukul 15.00 WIB.

“Saya dan para Walikota seluruh Indonesia hari ini diagendakan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresiden Bogor. Pertemuan ini merupakan inisiatif Pak Presiden untuk mendengarkan serta memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan kota termasuk Kota Manado,” ujar Wali Kota Vicky Lumentut.

Dirinya menyampaikan terima kasih kepada Presiden yang sangat peka dalam menanggapi berbagai keluhan dari para Walikota. “Tentunya, masukan dan arahan dari pak Presiden Joko Widodo, akan sangat bermanfaat bagi Kota Manado terutama dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” pungkas Walikota dua periode itu.

Sementara itu, usai melakukan dialog dengan Presiden Jokowi. Dalam hajatan Rakornas APEKSI ke XIII di Kota Tarakan Kalimantan Utara yang akan dimulai Selasa (24/07) besok. Sejumlah Walikota mendapat kemudahan fasilitas menumpangi pesawat TNI AU, dikarenakan agenda Rakornas Apeksi yang semakin dekat. (Vik)

Admin RMC , 7/23/2018

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: