» » » Kumtua se-Minahasa Ikut Bimtek Tata Kelola Pemerintahan

MINAHASA, RedaksiManado.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi 227 Hukum Tua (Kumtua) di Kabupaten Minahasa, yang mengangkat tema tentang management Pemerintahan Desa, bertempat di Oasis Amir Hotel Jakarta, selama tiga hari, mulai Selasa (24/07) hingga Rabu (26/07) mendatang.

Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA, dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini secara resmi mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas bagi penyelenggara Pemerintahan Desa masih perlu mendapat perhatian khusus. “Saya mengapresiasi kegiatan ini. Diharapkan, dengan mengikuti kegiatan ini, Kumtua di Minahasa bisa memahami apa itu kebijakan Pemerintah tentang Desa,” kata Bupati Mewoh.

Dirinya menambahkan, dengan adanya kegiatan ini pula, para Kumtua dapat mengetahui bagaimana manajemen Pemerintahan Desa dalam aspek perencanaan, pengawasan, kelembagaan dan keuangan Desa, serta bagaimana menyusun pelaporan terkait penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

“Dimana nantinya semua yang didapat dari kegiatan ini bisa bermanfaat bagi Kumtua, untuk dapat dilakukan dalam pelaksanaan tugas sehari-harinya, sehingga fungsi pelayanan pemberdayaan dan pembangunan di Desa, dapat berjalan optimal sesuai yang direncanakan dan diharapkan,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas PMD Minahasa Djefri Sumendap Sajow SH dalam laporannya mengatakan, selain kegiatan Bimtek yang dilakukan di Jakarta, dimana para peserta akan mendapatkan materi menyangkut Tata Kelola Pemerintahaan yang baik untuk kesejahteraan, para Kumtua juga akan melakukan studi lapangan di Bogor.

“Selain Bimtek yang didalamnya para Kumtua mendapat materi manajemen pemerintahan Desa, pedoman pengelolaan keuangan Desa, tata cara kerjasama Pemerintahan Desa, pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna dalam pengelolaan sumber daya alam, mereka juga akan studi lapangan di Desa Sukamanah, Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Direktirat Jenderal (Ditjen) Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri, Budi Antoro, mantan Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Desa Lukmanul Hakim, Kabag Hukum dan Ortal Ditjen PPMD Kemendes Dr Dwi Rudi, serta Kasubdit Teknologi Tepat Guna PPMD Kemendes Ivan Rangkuti, dimana mereka juga hadir sebagai Narasumber.*(Angel)

Redaksi Manado , 7/24/2018

Penulis: Redaksi Manado

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: