» » » Ajaibnya Telur, Tumpas Lemak di Perut Hingga Cegah Stroke dan Jantung

RedaksiManado.Com - Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang digemari banyak orang. Selain memiliki rasa yang lezat dan bergizi tinggi, telur memiliki sejumlah manfaat menakjubkan yang tidak diketahui banyak orang.

Tak hanya untuk membentuk otot, telur ternyata juga berguna untuk mencegah risiko terkena penyakit berbahaya hingga menghilangkan lemak di perut. Berikut ulasannya.

1. Tumpas Lemak Dalam 3 Hari
Ini adalah cara paling sederhana untuk menyempurnakan bentuk tubuh impian. Anda hanya perlu tiga hari dalam seminggu untuk menghindari gula, garam, pasta, dan makanan berkalori tinggi lainnya. Termasuk makanan yang diproses seperti keripik, makanan yang digoreng, daging olahan, dan soda.

Di hari pertama, Anda mengganti menu hanya dengan telur rebus, dua tomat, dan secangkir teh hijau tanpa gula. Untuk menu makan siang cukup mengonsumsi dua putih telur, 120 gram ikan panggang atau rebus, dan segelas teh hijau.

Di malam hari, siapkan menu sayuran kukus (brokoli, kembang kol, wortel, kacang polong, serta kacang hijau) dan secangkir teh hijau. Sama dengan hari pertama, siapkan dua telur rebus, satu buah pisang, dan secangkir teh hijau. Setelah itu, menu makan siang mengonsumsi dua putih telur, 120 gram ayam rebus tanpa kulit, dan segelas teh hijau.

Makan malam, Anda hanya perlu menyiapkan menu sederhana seperti 120 gram keju cottage, satu biskuit, dan secangkir susu rendah lemak. Menu terakhir di hari ketiga masih dengan bahan utama yakni dua telur rebus ditemani dengan segelas jus tomat. Sementara untuk makan siang, cukup mengonsumsi dua putih telur, 120 gram daging merah yang dimasak, dan secangkir teh hijau.

Sedangkan makan malam hanya perlu mengonsumsi dua kentang panggang, salad hijau, dan segelas teh hijau.

2. Kurangi Risiko Penyakit Jantung
Selain mengandung protein untuk membentuk otot, telur juga berguna mencegah risiko penyakit jantung. Bahkan, makan satu telur setiap hari pun bisa mengurangi terkena penyakit semacam itu. Dikutip dari Science Daily, telur juga mengandung vitamin dan komponen bioaktif, seperti fosfolipid dan karotenoid.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa telur dapat melindungi jantung Anda. Jurnal Heart mengeluarkan hasil penelitian setelah mengamati lebih dari setengah juta orang dewasa di China. Hasilnya, orang yang makan telur harian memiliki risiko penyakit jantung 11 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak makan telur sama sekali.

3. Cegah Stroke
Tim peneliti dari Tiongkok dan Inggris yang dipimpin Profesor Liming Li dan Dr Canqing Yu dari Sekolah Kesehatan Masyarakat, Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Peking, memeriksa adanya hubungan antara konsumsi telur dan penyakit kardiovaskular, jantung iskemik, koroner, stroke hemoragik, dan iskemik.

Mereka menggunakan data dari studi China Kadoorie Biobang (CKB). Penelitian menyasar sekitar setengah juta orang dewasa berusia 30 hingga 79 tahun dari 10 wilayah geografis yang berbeda di Tiongkok. Para peserta yang direkrut pada tahun 2004 hingga 2008 diberikan pertanyaan tentang frekuensi konsumsi telur mereka.

Di periode awal penelitian, 13,1 persen peserta melaporkan konsumsi telur harian mereka tercukupi (sekitar 0,76 telur per hari), 9,1 persen melaporkan tidak pernah atau jarang mengonsumsi telur.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Heart tersebut, analisis menunjukkan bahwa orang yang tidak mengonsumsi telur memiliki tingkat risiko penyakit kardiovaskular lebih tinggi dibanding mereka yang rajin.

Mereka yang mengonsumsi satu telur dalam sehari memiliki 26 persen risiko lebih rendah terkena stroke hemoragik, serta 28 persen lebih rendah risiko kematian karena stroke tersebut. ***(IMK)


Redaksi manado 2017 , 5/26/2018

Penulis: Redaksi manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: