.

.
» » » Motif Kaeng "Manado Kita" Ditonjolkan di Festival ‘Manado Fiesta’

MANADO, RedaksiManado.Com – Fashion Festival dalam rangkaian iven pariwisata Manado Fiesta 2017, digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Manado di atrium Mantos 2, jalan Piere Tendean Boulevard Manado, Rabu (6/9/2017) berlangsung meriah. Peserta Manado Fashion yang terdiri dari kategori anak dan remaja serta umum dan dewasa tampil memukau diatas catwalk.
Busana yang dikenakan lebih dominan bercorak Kaeng Manado yang merupakan motif batik khas Manado. Dengan penuh percaya diri para peserta memperagakan kepiawaian mereka untuk meyakinkan tiga juri dari berbagai profesi. Tampil perdana kategori anak-anak dan remaja disusul kemudian kategori umum dan dewasa.
Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut dalam kesempatan itu, menjelaskan tentang arti dari filosofi motif yang terdapat pada Kaeng Manado.

“Sebagai orang Manado, Kita perlu mengetahui filosofi yang terdapat dalam motif Kaeng Manado, yang menggambarkan kehidupan masyarakat Kota Manado,” kata Wali Kota yang akrab disapa GSVL ini, usai memberikan pertanyaan kuiz seputar Kaeng Manado.
Dimana, kata Wali Kota GSVL, dalam Kaeng Manado ada motif ikan Coelacanth, ikan purba yang hanya hidup di perairan Manado. Kemudian motif Tugu Lilin yang menggambarkan pengorbanan untuk menerangi orang banyak. Lalu simbol tempat ibadah yang menggambarkan tentang Kota Manado sebagai kota yang rukun, serta gambar coral dan biota laut yang menegaskan jika Kota Manado adalah kota dengan panorama bawah laut yang mempesona.
“Motif Kaeng Manado ini yang kita tonjolkan dalam Fashion Festival dalam rangka Manado Fiesta tahun 2017. Mudah-mudahan festival ini mendorong semua orang Manado untuk mencintai Kaeng Manado sebagai kain khas Manado,” kata Wali Kota GSVL.
Kegiatan Manado Fashion diprakarsai Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado,dengan menghadirkan tiga juri yakni Terry Solang seorang designer profesional, Helena Opit akademisi sekaligus pemerhati mode dan Pinkan Matindas yang menjabat Sekretaris Dinas Pariwisata dari Pemkot Manado.
Ketua TP-PKK Kota Manado yang juga istri tercinta Wali Kota GSVL, Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA mengajak warga Manado untuk menggunakan Kaeng Manado dalam berbagai kegiatan sebagai ciri khas Kota Manado.

“Lewat pelaksanaan Fashion ini, saya berharap selaku Ketua Tim Penggerak PKK, Kaeng Manado semakin dikenal dan akan banyak orang Manado yang memakai busana dari Kaeng Manado,” ujarnya.
Keluar sebagai jawara pada kategori anak dan remaja yakni peserta dengan nomor peserta 20 atas nama Juliana Koleangan, kemudian pada kategori umum dan dewasa untuk pria dimenangkan peserta nomor 17 atas nama Brando Mamengko dan putri oleh peserta dengan nomor 9 atas nama Febiana Sukma.
Sementara itu, untuk penyerahan hadiah atau piala, akan dilaksanakan saat penutupan Manado Fiesta Minggu 10 September nanti di Lokasi Taman Berkat Godbless Park Boulevard bersamaan dengan hajatan Thanksgiving atau Pengucapan semua umat beragama di Kota Manado.(Vikni)

Admin RMC , 9/07/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: