.

.
» » » Wawali Mantiri Buka Kegiatan SKKNI Bidang Teknologi Komunikasi dan Informasi

BITUNG, RedaksiManado.Com - Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Rudy Wongkar menghadiri sekaligus membuka kegiatan Fasilitas Bimtek dan Sertifikasi Standar Kompetensi Berbasis Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Teknologi Komunikasi dan Informasi pada angkatan kerja muda Tahun 2017 yang dilaksanakan di Hotel Summer Kota Bitung, Kelurahan Bitung Timur, Kecamatan Maesa. Senin, 10 April 2017.
 
Dalam sambutannya, Mantiri mengatakan, pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai diberlakukan pada tanggal 1 januari 2015 akan berimplikasi pada terbukanya persaingan tenaga kerja asing yang punya kompetensi Internasional. Karena itu maka Indonesia sebagai salah satu Negara Anggota ASEAN perlu mengoptimalkan tenaga kerja kompetensi bagi Angkatan Kerja Muda sebelum memasuki dunia kerja, sebagai salah satu bentuk antisipasi persaingan tenaga kerja menghadapi MEA sehingga tenaga kerja Indonesia harus sudah berbasis kompetensi yaitu sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) termasuk tenaga kerja yang ada di Kota Bitung.
 
Lanjutnya lagi, Mantiri menambahkan, Dalam kaitan itu, Pemerintah Kota Bitung pun merespon tuntutan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan berkomitmen membentuk Skill Labor yaitu membantu angkatan kerja muda untuk memiliki keahlian dan pemikiran yang bersifat global yakni memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan bahasa asing, memahami nilai kearifan lokal untuk memfilter budaya-budaya Negara lain yang pasti masuk dan mempengaruhi budaya kita serta menggalakkan adanya pelatihan dan kompetensi kerja yang akan sangat membantu tenaga kerja Indonesia khususnya yang ada di Kota Bitung untuk meningkatkan dirinya sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja dari Negara Lain yang sudah terampil dan terlatih.
 
Pada kesempatan ini, Mantiri juga berharap kiranya pada Tahun-tahun mendatang dapat kembali dilaksanakan kegiatan seperti ini secara teratur dan koordinatif antara Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam hal ini balai besar pengkajian dan pengembangan Kominfo Makasar bersama Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini Dinas Kominfo, Dinas Pendidikan dan Dinas Tenaga Kerja. “Pasar kerja Nasional dan Internasional saat ini sedang menuntut tersedianya tenaga-tenaga kerja yang kompeten disetiap bidang, demikian halnya industri dan organisasi mepersyaratkan agar tenaga kerjanya memiliki sertifikasi kompetensi yang kredibel.
 
Sehubungan dengan kegiatan kita hari ini adalah membentuk tenaga kerja yang punya kompetensi dibidangnya untuk mengantisipasi persaingan dunia kerja di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) seperti pada 3 poin yang sudah  saya sampaikan tadi, maka dari itu atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Bitung saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informasi melalui Balai Besar Pengkajian dan pengembangan Komunikasi dan Informatika Makasar sebagai pelaksana kegiatan ini dan telah berkoordinasi secara baik dengan Dinas Kominfo Kota Bitung memiliki tugas pokok dan fungsi antara lain pengembangan Sumber Daya Manusia”,Tutup Mantiri.
 
Turut hadir Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makasar Ir. H. Ruslan Harun, MM, Direktur LSP-TIK Surabaya Ir. Edwin, Msc, Ketua Panitia Ahmat Radil, SE, MAP, Pdt. Joice Sampouw, S.Th, serta para peserta SKKNI  (PP)

Redaksi Manado 2017 , 4/11/2017

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: