.

.
» » » Tolak Pembangunan Gereja di Bekasi, Kebinekaan Indonesia Diuji

BEKASI, RedaksiManado.Com ~ Massa yang menolak pembangunan Gereja Santa Carla, Bekasi, Jawa Barat, berhasil dihalau pihak kepolisian. Namun massa tetap berkukuh bertahan dan menuntut pembangunan gereja dihentikan.

Berdasarkan pantauan detikcom di Jalan Lingkar Utara, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Jumat (24/3/2017), pada pukul 14.49 WIB, massa yang sempat ricuh berhasil dihalau pihak kepolisian setelah melepaskan beberapa kali tembakan gas air mata.

Massa menuntut kepolisian segera menyegel bangunan gereja yang masih dibangun.

"Kita sekarang sedang mediasi, menunggu petugas memasang garis polisi. Karena ini sudah pernah kita orasikan di pemkot dulu," ujar orator melalui pengeras suara.

"Yang kita tuntut itu izinnya, karena ini masih status quo. Tapi ternyata masih dilanjutkan juga pembangunannya," tuturnya.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Heru Henrianto Bachtiar sempat mengimbau kepada pendemo agar tidak anarkis. Namun himbauan itu tidak diindahkan massa, hingga berujung ricuh.

"Sudah kita lakukan himbauan agar tidak anarkis. Tapi faktanya seperti yang saudara lihat sendiri mereka tidak bisa mengendalikan massa," ujar Heru di lokasi Jl Teluk Pucung, Bekasi Utara, Jawa Barat, Jumat (24/3/2017).

Menurut Heru, beberapa aparat kepolisian yang berjaga mengalami luka-luka setelah pendemo melakukan aksi lempar benda keras.

"Saya lihat ada 1 anggota Pamen dan Sabhara terluka akibat timpukan dan satu lagi karena dikeroyok. Kita harapkan aksi ini bisa selesai setelah Ashar," jelas Heru.

Sebelumnya, massa menuntut agar menghentikan pembangunan Gereja Santa Clara. Mereka beralasan pembangunan gereja masih berstatus quo dan tidak boleh dilanjutkan.

Pantauan di lokasi, massa berfokus di depan pertokoan Superindo, sementara aparat kepolisian berjaga di sisi lain. Arus lalu lintas di Jalan Teluk Pucung harus dialihkan, melalui komplek Perumahan Prima Harapan. (Alen)

Redaksi Manado 2017 , 3/24/2017

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: