.

.
» » Pemkot Tomohon Gelar Sosialisasi Pembumian Pancasila Kepada Pelajar dan Pemuda

Tomohon,RedaksiManado.Com~Pemerintah Kota Tomohon dalam membina dan membentuk masyarakat Indonesia terlebih khusus masyarakat Kota Tomohon yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil berdasarkan pengamalan Pancasila dan UUD 1945, serta menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap tanah air dengan mengimplementasikan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar Negara, menggelar sosialisasi "Pembumian Pancasila", yang bertemakan pembumian pancasila dan generasi milenial, dilaksanakan di Welu Cafe n Resto Tomohon, Rabu (11/5/2022). 

Tampil sebagai pemateri sekaligus membuka secara resmi kegiatan, Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH mengatakan Pancasila menjadi pengingat kita bahwa di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, merefleksikan kembali nilai-nilai Pancasila pada saat ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan.

 "Sosialisasi ini dapat kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai Bangsa yang tangguh dimasa kini dan Bangsa yang tangguh dimasa yang akan datang. Selama ini upaya yang kita lakukan lebih berfokus pada hasil akhir dan mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan,"kata Walikota Senduk pada sosialisasi yang dilaksnakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tomohon. 

Menurutnya, hal tersebut diatas  kurang sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi sumber daya alam dengan sumber daya manusia. Menyadari hal tersebut, inilah waktunya kita merancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajuan semua kelompok masyarakat dan memprioritaskan konservasi alam.  

"Pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan Bangsa dan Negara kita. Kebangkitan dan kemajuan Bangsa kita dari pandemi ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya sendiri dengan kemampuan dan panggilan hatinya dan inilah titik berangkat kita,"Jelas Walikota kepada para siswa siswi SMA dan SMP bersama pemuda pemudi yang hadir sebagai peserta. 

Pada kesempatan  ini juga kepada  pemuda pemudi bahkan para pelajar Walikota berharap untuk menjadi pendorong dalam memajukan Kota Tomohon dalam berbagai aspek, dan untuk kemajuan Kota Tomohon, serta bangsa Indonesia pada umumnya. 

Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut SE yang ikut menyampaikan materi menguraikan, kemerdekaan dalam belajar, berkarya, kemerdekaan dalam berbudaya akan melahirkan generasi pelajar Pancasila, yaitu sosok pembelajar sepanjang hayat, yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan, mampu bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Para pelajar Pancasila itulah yang akan meneruskan estafet pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan. 

Kepada para pemuda pemudi didalamnya para pelajar, Wawali Lumentut berpesan agar tetap tekun dalam belajar, jangan terpengaruh dengan hal-hal yang dapat merusak moral sebagai pelajar sehingga kedepan dapat menjadi contoh dalam masyarakat dan dapat menjadi harapan bangsa dan negara.**(EL)

EL 5/12/2022

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: