» » Pemkot Tomohon Gelar Workshop Keamanan Pangan

Tomohon,RedaksiManado.Com~Dalam rangka peningkatan mutu dan keamanan pangan,Pemkot Tomohon melalui Dinas Pangan menggelar Workshop Keamanan Pangan Kota Tomohon 2019 bertempat di Kantor Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon, Senin 18/11/19.

Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc saat membuka dan membacakan sambutan Walikota mengatakan,mutu dan keamanan pangan begitu pentingnya dan menjadi dasar bagi negara-negara didunia dan didalam nawa cita bapak Presiden Jokowi.Hak dari setiap masyarakat untuk mendapatkan pangan yang aman dan bermutu.Dikedepankan dalam era otonomi daerah banyak kewenangan yang telah dilimpahkan kedaerah, termasuk kewenangan dalam penanganan keamanan pangan,jelas Lolowang.

"Beberapa hal penting yang menyebabkan penanganan keamanan pangan belum berjalan dengan efektif yaitu,masih belum berkembangnya sistem pembinaan dan pengawasan keamanaman pangan,kelembagaan penanganan keamanan pangan termasuk laboratorium uji terakreditas masih terbatas,SDM yang terlatih masih terbatas,serta penegakan hukum yang masih lemah. Hal ini menyebabkan sistem penjaminan keamanan dan mutu produk pertanian belum bisa berjalan dengan baik,urai Sekot.

Lolowang menambahkan,salah satu upaya dalam pengembangan keamanan pangan adalah melalui optimalisasi pengawasan keamanan pangan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, dan didukung oleh kelembagaan yang mantap yaitu otoritas kompentensi keamanan pangan (OKKP) daerah.Dimana untuk provinsi Sulawesi Utara berada di Kota Manado lembaga ini akan memberikan sertifikasi dan label keamanan pangan pada produk segar.Tersedianya pangan segar asal pertanian yang telah mempunyai jaminan keamanan pangan untuk dikonsumsi.Pada tataran global, umumnya dipersyaratkan produk yang telah memiliki jaminan keamanan pangan,ujar Lolowang.

Melalui kegiatan ini,kepada peserta Pemkot Tomohon berharap kiranya dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan setelah mendapatkan materi nantinya akan dapat meningkatkan pengetahuan dan mampu menerapkan penanganan keamanan pangan. dimanapun saudara berada dan berkarya.dan berharap agar persyaratan tersebut betul-betul dipenuhi untuk meningkatkan citra pangan segar asal Kota Tomohon.

Narasumber Dra. Rita Diongga, APt sebagai pengawas farmasi makanan ahlimadya, Ir Daby Nerwan sebagai Kabid Keamanan Pangan Dinas Pangan Daerah Provinsi Sulut dan Kepala Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon Ir. Nova Rompas.

Peserta Kelompok-kelompok tani se-Kota Tomohon, Badan Pengawasan Obat dan Makanan serta Penyuluh Pertanian Lapangan.**(Abd0311)

Elton RMC 11/18/2019

Penulis: Elton RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: