.

.
» » » Paripurna DPRD Tomohon Mendengarkan Penyampaian RUU APBN T.A 2020

TOMOHON, RedaksiManado.Com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Tomohon melaksanakan Rapat PARIPURNA DPRD dalam rangka Mendengarkan Pidato President RI dalam rangka Penyampaian RUU APBN T.A 2020 disertai Nota Keuangan dan dokumen pendukungnya.  yang dilaksanakan diruang rapat paripurna DPRD Kota Tomohon, 16 Agustus 2019 Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Ir Miky Wenur MAP didampingi wakil ketua Carrol Senduk, SH dan Youddy Moningka SIP

Pada tahun 2020, Pemerintah menyusun asumsi ekonomi makro sebagai berikut:

Pertama, pertumbuhan ekonomi akan berada pada tingkat 5,3 persen dengan konsumsi dan investasi sebagai motor penggerak utamanya. Inflasi akan tetap dijaga rendah pada tingkat 3,1 persen untuk mendukung daya beli masyarakat.

Kedua, di tengah kondisi eksternal yang masih dibayangi oleh ketidakpastian, nilai tukar Rupiah diperkirakan berada di kisaran Rp14.400 per dolar Amerika Serikat. Pemerintah yakin investasi terus mengalir ke dalam negeri, karena persepsi positif atas Indonesia dan perbaikan iklim investasi. Dengan demikian, suku bunga SPN 3 bulan diperkirakan berada di tingkat 5,4 persen.

Ketiga, harga minyak mentah Indonesia (ICP) diperkirakan sekitar 65 dolar Amerika Serikat per barel. Dengan sensitivitas yang tinggi terhadap berbagai dinamika global, Pemerintah terus memantau pergerakan harga minyak dan komoditi global.

Keempat, melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam, termasuk minyak dan gas bumi. Target lifting minyak dan gas bumi di tahun 2020 diasumsikan masing-masing sebesar 734 ribu barel dan 1,19 juta barel setara minyak per hari.

Pada tahun 2020, Pemerintah akan menempuh tiga strategi kebijakan fiskal, yaitu memobilisasi pendapatan dengan tetap menjaga iklim investasi, meningkatkan kualitas belanja agar lebih efektif dalam mendukung program prioritas, serta mencari sumber pembiayaan secara hati-hati dan efisien melalui penguatan peran kuasi fiskal.

Dalam RAPBN tahun 2020, Belanja Negara direncanakan akan mencapai Rp2.528,8 triliun, atau sekitar 14,5 persen dari PDB. Belanja Negara tersebut akan digunakan untuk memperbaiki kualitas SDM dan melanjutkan program perlindungan sosial untuk menjawab tantangan demografi.

Hadir dalam paripurna ini para anggota DPRD Kota Tomohon, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE, AK, CA, Wakil Walikota Syerly Adelyne Sompotan, Dandim 1302 Minahasa, Kapolres Tomohon, Kepala KP2KP Kota Tomohon, Ketua KPU Kota Tomohon dan bersama seluruh pejabat pemerintah kota Tomohon.**(Nal)

Redaksi Manado 2017 , 8/16/2019

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: