» » Sekot Lolowang Buka Konsultasi Publik RKPD Tahun 2020

Tomohon,RedaksiManado.Com~Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) menggelar kegiatan Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020.Kegiatan dilaksanakan di Grand Master Resort Kakaskasen Satu Tomohon, jumat (1/2/2019).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekot Ir Harold Lolowang MSc saat membuka kegiatan sekaligus tampil sebagai pemateri mengatakan sebagai dokumen resmi pemerintah daerah, RKPD mempunyai kedudukan yang strategis yaitu menjembatani perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.Oleh sebab itu proses penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2020 dilakukan secara sistematis, terarah, terpadu dan tanggap terhadap perubahan dalam penyusunannya,ujar Sekot Lolowang.

Pemerintah Kota Tomohon melakukan suatu terobosan dalam hal perencanaan yang juga menunjang program Emas melalui pelaksanaan e – goverment yaitu dengan  membuat suatu sistem perencanaan berbasis website yang dikenal dengan nama Si Andal Tom yakni Sistem Informasi Perencanaan dan Pelaporan Kota Tomohon, -didalamnya memuat beberapa aplikasi antara lain
e-pokir, e-proposal, e-musrenbang, e-renja, e-rkpd, dan e-report, sehingga dapat mempermudah penyusunan dokumen perencanaan dalam hal ini penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Tomohon tahun 2020. 

"Forum ini mempedomani kebijakan Nasional dan Provinsi, mendorong potensi daerah sehingga terwujud pengembangan potensi dan ekonomi yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, konsistensi dalam perencanaan dan pelaksanaan, serta sinergitas program.
-Semoga berbagai pemikiran, masukan, saran dalam penyempurnaan rancangan awal RKPD saat ini dapat bermanfaat untuk kemajuan Kota Tomohon,tutup Lolowang.

Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky Wenur yang juga hadir sebagai pemateri mengatakan
Pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kota Tomohon yang terus bersinergi dengan pihak DPRD sehingga pembangunan di Kota Tomohon dalam segala bidang berjalan dengan baik, antara lain bidang kesehatan dan pendidikan,kata Wenur.

Pihaknya juga terus mendorong untuk bidang pariwisata, ini juga sesuai visi misi Walikota dan Wakil Walikota Tomohon untuk menjadikan Kota Tomohon sebagai Kota destinasi wisata dunia, -untuk hal ini tentu harus didukung dengan kualitas sumber daya manusia masyarakatnya termasuk peningkatan kapasitas ASN, tujuannya adalah untuk kemajuan Kota Tomohon dan kesejahteraan masyarakatnya,tambahnya.

Sementara itu kepala Bapelitbangda Ir Ervinz Liuw MSi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis serta untuk mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Kota Tomohon tahun 2020, dimana rancangan awal RKPD ini akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan musrenbang RKPD tingkat kecamatan dan sebagai acuan, penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja  Perangkat Daerah (Renja-PD),ungkap Liuw.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Youddy Moningka SIP, anggota DPRD Piet Pungus SPd, Frets Keles ST, Erens Kereh. Hadir juga Asisten Kesra Setda Kota Tomohon Drs O D S Mandagi bersama Asisten Perekonomian Max Mentu SIP MAP, para tokoh agama dan masyarakat, bersama unsur Perangkat Daerah.**(abd3001)

Elthon Abud 2/01/2019

Penulis: Elthon Abud

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: