» » Diwarnai 2 Gol Mbappe, Prancis Kalahkan Argentina Untuk Pertama Kali

RedaksiManado.Com - Timnas Prancis melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2018. Bersua Timnas Argentina dalam laga 16 besar di Kazan Arena, Sabtu (30/6/2018) malam WIB, Prancis sukses menang dengan skor 4-3.

Kyliann Mbappe menjadi protagonis utama Prancis dengan 2 golnya (64, 68'). Dua lesakan lainnya berasal dari penalti Antoine Griezmann (13') dan tembakan Benjamin Parvard (57). Argentina cuma membalas via Angel Di Maria (41'), Gabriel Mercado (48'), dan Sergio Aguero (90+3').

Dalam laga ini, Timnas Prancis menerapkan formasi yang lazim mereka pakai di fase grup, yaitu 4-3-3. Olivier Giroud, Kylian Mbappe, dan Antoine Griezmann menjadi trio di lini serang. Trisula lini tengah terdiri dari Paul Pogba, N'Golo Kante, dan Blaise Matuidi. Turun ke bawah, ada duet Raphael Varane dan Samuel Umtiti sebagai komando di jantung pertahanan.

Sementara itu, Timnas Argentina turun dengan formasi 4-3-2-1. Lionel Messi menjadi penyerang utama dengan dukungan Angel Di Maria dan Cristian Pavon. Ever Banega, Javier Mascherano, dan Enzo Perez menjadi poros di lini tengah, sedangkan komando di lini pertahanan diambil oleh Marcos Rojo dan Nicolas Otamendi.

Di awal babak pertama, kuasa pertandingan sebenarnya dipegang oleh Argentina. Dengan susunan pemain yang tak jauh beda ketika lawan Prancis, mereka mampu tampil lebih menekan. Kehadiran Ever Banega membuat aliran bola di lini tengah Argentina tetap terjaga.

Namun, sekira 15 menit babak pertama, Prancis bermain lebih cerdas. Tidak balik menekan, mereka justru lebih fokus bertahan dan membiarkan para pemain Argentina menguasai bola. Mereka memanfaatkan serangan balik, dan hasilnya mereka tuai ketika menit ke-13, saat Griezmann sukses mengeksekusi penalti. Prosesnya diawali pelanggaran kepada Mbappe di kotak penalti. Prancis unggul 1-0 atas Argentina.

Setelah tertinggal, Argentina meningkatkan intensitas tekanan mereka ke lini pertahanan Prancis. Namun, tekanan ini tak sekuat ketika melawan Nigeria di fase grup. Salah satunya karena peran Messi yang tak begitu terasa dalam skema penyerangan Argentina. Di sisi lain, Prancis sendiri mampu memberikan tekanan lewat serangan balik.

Setelah menguasai laga sepanjang babak pertama, Argentina baru bisa menyulut balik pada menit ke-41. Lewat sepakan jarak jauh Di Maria, Argentina sukses mencetak gol balasan. Kedudukan berubah imbang 1-1 dan skor ini bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Argentina langsung mengambil inisiatif serangan kembali. Mereka juga memasukkan Federico Fazio untuk menjaga kekuatan pertahanan. Hasilnya, gol cepat langsung mereka ciptakan pada menit ke-48, setelah Gabriel Mercado sukses memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Messi. Argentina berbalik unggul 2-1.

Tertinggal di awal babak kedua, Prancis tidak menunjukkan kepanikan. Mereka tetap santai menyusun serangan dan berusaha melihat celah yang bisa dimanfaatkan di lini pertahanan Argentina. Pavard mampu melihat celah itu dan melesakkan sepakan jarak jauh yang gagal dihalau Franco Armani pada menit ke-57. Prancis sukses menyamakan kedudukan 2-2.

Setelahnya, Prancis mampu tampil lebih efektif. Ketika Argentina lebih bernafsu menyerang, Les Bleus mampu menyengat lewat beberapa upaya serangan balik. Hasilnya terlihat lewat sepakan Mbappe pada menit ke-64 dan ke-68. Prancis unggul 4-2 atas Argentina.

Tertinggal dengan selisih dua angka, Argentina berusaha mengubah jalannya laga dengan melakukan beberapa perubahan. Sergio Aguero dan Maximiliano Meza dimasukkan untuk menambah daya dobrak di lini serang Argentina. Mereka mampu tampil lebih agresif, tapi tidak bisa menembus lini pertahanan Prancis yang rapat.

Sampai pertandingan usai, Argentina sulit mengejar ketinggalan, Mereka hanya mampu membalas satu gol lewat sepakan Sergio Aguero pada menit ke-90+3. Skor 4-3 menutup pertandingan dan membawa Prancis lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2018. **(Bay)

Redaksi manado 2017 7/01/2018

Penulis: Redaksi manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: