.

.
» »Unlabelled » Menang Dramatis,Jerman Buka Peluang ke16 Besar

Sochi,RedaksiManado.Com~Tim Nasional (Timnas) Jerman bertemu Swedia dalam lanjutan matchday kedua Grup F Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht Olympic, Minggu (24/6/2018) dini hari WIB. Setelah melalui 90 menit pertandingan, Jerman menang 2-1.Gol Swedia yang dicetak Ola Toivonen pada menit 32, dapat dibalas Marco Reus ketika babak kedua baru berjalan tiga menit dan tendangan bebas Toni Kroos di pengujung pertandingan. Atas hasil ini, Jerman duduk di posisi dua Grup F Piala Dunia 2018 dengan poin tiga, disusul Swedia satu strip di bawahnya dengan poin sama.

Untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018, baik Jerman dan Swedia wajib memenangi laga pamungkas dengan skor setelak-telaknya. Di laga terakhir, Jerman akan bertemu Korea Selatan (Korsel). Sementara Swedia bersua Meksiko yang sudah mengoleksi enam angka, hasil dua kemenangan dari dua pertandingan.Jerman membutuhkan kemenangan di laga kali ini demi membuka asa lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018. Sebab di laga pertama, secara tak diduga Die Mannschaft–julukan Timnas Jerman– takluk 0-1 dari Meksiko.

Sementara itu bagi Swedia, kemenangan akan meloloskan mereka ke babak 16 besar. Karena itu, Marcus Berg dan kawan-kawan tampil ngotot di laga ini. Swedia memberikan pressing ketat terhadap serangan yang dibuat Jerman.Pressing ketat itu membuat Jerman kesulitan membuat peluang. Bahkan, Swedia justru yang membuat ancaman ke pertahanan Jerman. Pada menit 12, Berg lewat serangan balik cepat mengancam pertahanan Jerman.Akan tetapi, Berg yang terlihat mendapat dorongan dari bek Jerman, Jerome Boateng, dianggap wasit Szymon Marciniak, bukanlah sebuah pelanggaran. Terlepas dari kontroversi tersebut, lini depan Jerman yang berisikan Marco Reus, Thomas Muller, Julian Draxler dan Timo Werner tampil luar biasa.Sayangnya, dua gelandang Jerman yakni Toni Kroos dan Sebastian Rudy belum tampil maksimal. Akibatnya, empat pemain depan Jerman belum mendapatkan servis optimal dari Kroos dan Rudy.

Akibat tampil buruk itu, Rudy pun diganti Ilkay Gundogan pada menit 31. Akan tetapi, keluarnya Rudy menjadi petaka bagi Jerman. Sebab, Jerman kawalan Manuel Neuer langsung kebobolan pada menit 32. Penyerang Swedia, Ola Toivonen, merobek gawang Jerman lewat sepakan placing kaki kanan setelah menerima umpan dari Victor Claesson.Sebelum membobol gawang Jerman, eks penyerang PSV Eindhoven itu mampu mengungguli bek Jerman, Antonio Rudiger. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Swedia.

Jerman terus-menerus mengurung pertahanan Swedia setelah gol dari Toivonen, Gundogan dan Muller sempat membuat sepakan beruntun pada menit 39. Akan tetapi, serangan tersebut mentah di tangan kiper Swedia, Robin Olsen. Hingga 45 menit babak pertama berakhir, Jerman masih tertinggal 0-1 dari Swedia.Pelatih Jerman, Joachim Low, meningkatkan intensitas serangan dengan memainkan penyerang kawakan keturunan Spanyol, Mario Gomez, di awal babak kedua. Gomez dimainkan untuk menggantikan posisi Julian Draxler.

Masuknya Gomez ternyata memberikan tuah tersendiri bagi Jerman. Terbukti pada menit 48, Jerman sanggup menyamakan kedudukan lewat sepakan Marco Reus. Saat itu, umpan silang Timo Werner sempat mengenai Gomez, sebelum akhirnya si kulit bulat dapat diterima dengan baik lewat Reus yang melepaskan tembakan kaki kiri. Skor berubah sementara 1-1.Selang dua menit, Jerman hampir membalikkan kedudukan. Sepakan bebas Kroos mampu disundul Muller. Akan tetapi, bola masih melenceng tipis di samping gawang Olsen.

Setelah peluang tersebut, Jerman konsisten mengurung pertahanan Swedia. Akan tetapi, permainan pragmatis yang ditunjukkan Swedia racikan Janne Andersson, membuat Jerman kesulitan mencetak gol kedua.Meski lebih banyak diserang, bukan berarti Swedia hanya mengincar hasil imbang. Mereka menargetkan kemenangan demi lolos otomatis ke 16 besar. Terbukti, Andersson memasukkan John Guidetti untuk menggantikan pencetak gol Swedia, Toivonen, pada menit 80.

Nasib buruk menimpa Jerman pada menit 82. Mereka harus bermain dengan 10 orang setelah Boateng menerima kartu kuning kedua, usai melakukan tekel keras kepada Berg. Uniknya, kartu kuning pertama yang diterima Boateng pada menit 71, diterima juga usai melakukan pelanggaran kepada Berg.Akan tetapi, bermain dengan 10 orang tidak membuat Jerman mengendurkan serangan. Mereka terus berupaya mencetak gol kemenangan. Pada masainjury time, Julian Brandt yang baru masuk menggantikan Jonas Hector, melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Akan tetapi, tembakan winger Bayer Leverkusen itu masih membentur tiang.

Pada akhirnya, Jerman mampu memenangi pertandingan. Kroos menjadi penentu kemenangan Jerman setelah tendangan bebas gelandang Real Madrid itu tak dapat ditahan kiper Swedia. Skor berubah 2-1 dan bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain Jerman vs Swedia:

Jerman: Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jerome Boateng, Jonas Hector (Julian Brandt 88'); Sebastian Rudy (Ilkay Gundogan 31’), Toni Kroos; Marco Reus, Thomas Muller, Julian Draxler (Mario Gomez 46’); Timo Werner.

Swedia: Robin Olsen; Mikael Lustig, Victor Lindelof, Andreas Granqvist, Ludwig Augustinsson; Viktor Claesson (Durmaz 74'), Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg; Ola Toivonen (Guidetti 78'), Marcus Berg (Thelin 90').**(okzn/red/abd)

EL 6/24/2018

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: