.

.
» » » Tomohon Optimalisasi Akuisisi Arsip Statis Dengan Mengelar Bimtek JRA

TOMOHON, RedaksiManado.Com – Penyimpanan dan penemuan kembali dengan cepat dan tepat merupakan tujuan inti dari penataan arsip. Menyimpan arsip pada tempatnya secara teratur belum dapat menjamin bahwa arsip tersebut dapat ditemukan dengan mudah.
Hal tersebut dikatakan Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan (SAS) saat mewakili Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE,Ak  menghadiri sekaligus membuka kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Penyusunan Jadwal Retensi Arsip di Aula Kristianitas Walian, Rabu (15/3/17).
Oleh karena itu lanjut SAS diperlukan penataan atau penyimpanan arsip dan khususnya lagi yaitu bagaimana managemen arsip tersebut.
Wakil Wali Kota mengingatkan pada seluruh pengelola dan pencipta arsip agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik, sehingga arsip yang diciptakan dapat terpercaya dan dapat digunakan untuk pertanggung jawaban nasional dengan peraturan perundang-undangan kearsipan yang berlaku.
“Arsip dapat juga berfungsi dengan baik apabila ada kerjasama antara lembaga kearsipan pencipta arsip. Oleh karena itu setiap perangkat daerah, BUMD dan seluruh kelurahan berkewajiban untuk menyerahkan arsip di lembaga kearsipan,” tutur Wawali.
Wakil Wali kota berharap melalui bimtek ini para peserta dapat mengolah/menata arsip sebagai alat bukti yang sah serta memelihara dan melestarikan, sehingga arsip yang ada di Kota Tomohon bernilai guna demi tercapainya tujuan pembangunan Kota Tomohon di bidang kearsipan.
Sebelumnya, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kota Tomohon Drs. F. Ventje Karundeng mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan panduan kepada perangkat daerah dalam melakukan Akuisisi Arsip Statis.
“Tujuannya agar setiap perangkat daerah yang ada di lingkungan pemerintah Kota Tomohon dapat menyusun Jadwal Retensi Arsip (JRA) sebagai acuan dalam mengadakan Akuisisi Arsip Statis, serta untuk mengkoordinasikan, sinkronisasikan antar perangkat daerah dan kelurahan yang terkait dalam hal menata kearsipan pemerintah Kota Tomohon,” ujar Karundeng.
Turut hadir dalam kegiatan ini selaku narasumber, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc, Direktur Kearsipan Daerah I Arsip Nasional RI Bpk. Drs. Amieka Hasraf, MM , Kepala Bidang Pembinaan Akuisisi, Pengelolaan Dokumen dan Penyimpanan Arsip Bpk. Yeansi K.H Polakitan, ST.MAP, para pejabat eselon II Pemkot Tomohon serta peserta bimtek.
(denny/humas)

EL , 4/06/2017

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: