.

.
» » » » Sidang Hari Ini, Publik Nantikan Aliran Dana Korupsi E-KTP 2,3 Triliun Kemana

Nama Besar yang Pernah Bersaksi untuk Korupsi e-KTP

JakartaRedaksiManado.Com -- Sejumlah nama politikus kondang pernah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk jadi saksi kasus korupsi e-KTP. KPK baru menetapkan dua orang tersangka yakni mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Irman dan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Kemendagri Sugiharto.

Sejumlah nama politikus masuk dalam pemeriksaan KPK. Sebut saja Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua DPR Setya Novanto. Mantan Ketua DPR yang juga politikus Golkar, Ade Komarudin juga pernah dimintai keterangan oleh KPK. 

Sejumlah kader beringin yang tercatat pernah dipanggil KPK untuk bersaksi di antaranya Chaeruman Harahap, Markus Nari, Melchias Marcus Mekeng, dan Agun Gunandjar Sudarsa.


Kader partai lain juga pernah diperiksa. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan "menyumbang" nama Ganjar Pranowo, Arief Wibowo, Olly Dondokambey, dan Yasonna H Laoly. Nama yang disebut terakhir tak memenuhi dua kali panggilan KPK baru-baru ini.

Sementara dari Partai Demokrat ada nama Taufiq Effendi, Mohammad Jafar Hafsah, Mirwan Amir, dan Khatibul Umam Wiranu. Mantan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum yang kini jadi terpidana kasus korupsi juga diperiksa bersama bekas Bendahara Umum Muhammad Nazaruddin.

Politikus kader partai lain yang pernah diperiksa adalah Teguh Juwarno (Partai Amanat Nasional), dan Djamal Aziz (Hanura).


Nama besar lain yang pernah dipanggil menghadap penyidik untuk bersaksi di KPK adalah mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Gubernur Bank Indonesia yang juga mantan Menteri Keuangan Agus Martowardo.

Kasus yang ditengarai merugikan negara Rp2,3 triliun itu hari ini mulai disidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Irman dan Sugiharto menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan.


Ketua KPK Agus Rahardjo sebelumnya mengatakan, bakal ada nama besar yang dibacakan dalam dakwaan saat sidang perdana kasus korupsi ini.

Sementara itu sejumlah politikus yang pernah jadi saksi semua membantah keterlibatannya dalam kasus tersebut. (TL)

Admin RMC , , 3/09/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama