.

.
» » » 18 Warga Mitra ”Disekap” di Kalteng, Sumendap Segra Bertindak

MITRA, RedaksiManado.Com – Pengaduan warga siliaan kecamatan siliaan raya kabupaten minahasa Tenggara (mitra) kepada Bupati mitra James Sumendap, bahwa keluarganya yang bekerja diperkebunan kelapa sawit kabupaten Talang pisang provinsi kalimantan tengah mengalami penyiksaan .
Ada 18 tenaga kerja asal Silian Kecamatan Silian kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) selang 2 tahun terakhir ini. Hal ini terungkap setelah bupati Mitra Jemes Sumendap kepada wartawan dalam rapat paripurma dewan Mitra, Rabu (8/3/2017). Bupati sumendap menyatakan akan melakukan upaya hukum untuk membantu 18 warga Silian tersebut.
“Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah Palang Pisang Kalimantan Tengah untuk menanyakan kondisi warga mitra yang diduga mengalami perlakuan yang tidak semestinya,”ujar Sumendap. Ditambahkannya juga bahwa upaya pemerintah Mitra dengan menghubungi wakil Bupati Talang Pisang Taty Narang untuk mengetahui kejelasan laporan warga ini.
“Sesuai laporan 18 warga tersebut hanya memakan bubur setiap hari dan tidak diperbolehkan pulang ke kampungnya,” ujarnya.
Sementara itu, sesuai dengan hasil penyelidikan pihak bupati bahwa ternyata PT Berkah Alam Fajar Mas yang bergerak dalam usaha perkebunan kelapa sawit sudah di tutup pengoperasionalnya sejak 2 tahun silam dan sejak itu statusnya adalah perusahan ilegal.
“Bukan hanya itu,ke 18 warga Silian diduga di siksa si lokasi perkebunan tersebut,” tambah Bupati.
Ditambahkannya juga kepergian 18 warga Silian ke lokasi tersebut setelah dijanjikan akan memperoleh upah sebesar 5 juta namun sesampainya dilokasi tersebut hanya dibayarkan 450 ribu saja. Saya akan membawa anggota dewan mitra untuk segera berangkat ke Kalteng menemui warga saya yang disekap. Tegas Bupati yang sangat peduli dengan warganya ini. (***)

Admin RMC , 3/09/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama