.

.
» » Diet Tepat Atasi Kadar Kolesterol yang Terus 'Meroket'

RedaksiManado.Com, Agar kolesterol darah stabil dan tak terus-menerus naik, ada pola makan tertentu yang dianjurkan. Hal ini dianggap penting karena pola makan sangat memengaruhi kadar kolesterol dalam darah.

Seperti disampaikan nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, kepada detikHealth, kolesterol tinggi biasanya terjadi disebabkan oleh konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Selain itu, kolesterol juga bisa naik karena konsumsi kue-kue dan snack berlebihan.

"Makan makanan hasil olahan seperti sosis atau ham, serta santan berlebih juga bisa berpengaruh ke kolesterol. Juga bisa karena konsumsi gula buatan berlebih," imbuh Victoria.

Maka dari itu, agar kolesterol tak terus naik Victoria menganjurkan Anda untuk menghindari asupan-asupan jenis tersebut dalam pola makan sehari-hari. Sebaiknya konsumsilah sayur dan buah lebih banyak.

"Sebagai alternatif, bisa juga pilih oatmeal sebagai menu sarapan. Ini sangat baik. Lalu kalau terbiasa minum susu atau konsumsi produk susu, pilihlah yang rendah atau tanpa lemak ya," pesan Victoria.

Untuk camilan, Anda juga sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula pasir. Untuk pengganti rasa manis, Anda bisa menggunakan buah potong dengan rasa manis alami atau dengan madu.

Yang terpenting, selain dengan pengaturan pola makan Victoria juga menuturkan pentingnya berolahraga dalam menstabilkan kolesterol. Jika memungkinkan, lakukan latihan fisik setiap hari, paling tidak selama 15-30 menit. (Abd)

EL 3/10/2017

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama