.

.
» »Unlabelled » PPKBMD Gelar Rapat Koordinasi Keuangan dan Evaluasi Tahun 2016

REDAKSIMANADO.COM,(TOMOHON) – Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (PPKBMD) mengadakan Rakorev Keuangan Daerah 2016 di Aula Kantor Walikota Tomohon Kamis (8/12/16).
Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah DR Julliana D Karwur MKes MSi  melalui Sekretaris Dinas Novi Politon SE saat membacakan laporan kegiatan mengatakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi ini dilaksanakan dalam upaya Pemerintah Kota Tomohon meningkatkan akuntabilitas, transparansi dan tertib adminisitrasi pengelolaan keuangan daerah serta efesien dalam pemanfaatan APBD.
Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bagian Administrasi Umum Ir Harold V Lolowang MSc mengatakan Rakorev ini dimaksudkan untuk mendukung terciptanya pengelolaan APBD yang lebih efektif dan efesien.
Tujuannya untuk memberikan gambaran umum hasil monitoring pelaksanaan anggaran dan membahas permasalahan-permasalahan yang spesifik dalam pelaksanaan anggaran SKPD selama tahun anggaran 2016, memberikan langkah-langkah strategis dalam menghadapi pelaksanaan anggaran tahun 2017, menumbuhkan pemahaman dan kesadaran  serta mengoptimalkan peran pimpinan strategis dalam melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran setiap SKPD.
Diharapkan kepada para pengelola keuangan SKPD, dituntut memiliki profesionalisme dalam pengelolaan keuangan dan meningkatkan rasa tanggung jawab dan semangat kerja serta dedikasi yang tinggi dengan mengarah pada peningkatan produktivitas kerja dan menghindari sistem yang mengarah pada egoisme sektoral, melainkan senantiasa menciptakan suatu jaringan koordinasi antar instansi terkait demi tercapainya terget dan sasaran sistem pengelolaan keuangan yang baik yang akan memberikan manfaat pada efektivitas pelayanan publik, biaya, pelayanan yang murah  karena hilangnya inefesiensi dan penghematan dalam pengggunan resources, alokasi belanja yang lebih berorientasi pada kepentingan publik, dan meningkatkan public costs awereness sebagai akar pelaksanaan pertanggungjawaban publik.
“Peningkatan ketaatan akan pola rekonsiliasi dukungan lainnya adalah alat bantu untuk memperkecil tingkat kesalahan administrasi dan laporan. Untuk itu, saya berharap agar hal ini dijadikan kewajiban dan budaya bagi siapapun yang dipercayakan sebagai pengelola keuangan SKPD,” kata Lolowang.
Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah DR Julliana D Karwur MKes MSi juga memaparkan mengenai pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparan, realisasi anggaran pemerintah Kota Tomohon sampai dengan 6 Desember 2016 yaitu pada angka 72,33%, serta juga realisasi pajak daerah 91,75% dan realisasi retribusi daerah 60,16%.
Hadir dalam Rakorev ini Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dra Truusje Kaunang, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa SSos MSi, Inspektur Kota Tomohon Ir Djoike Karouw MSi, serta jajaran pemerintah Kota Tomohon.(SMR)

Admin RMC 12/14/2016

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama