.

.
» » » Ir.Djoike Karouw Hadiri Sertijab Kepala Perwakilan BI Sulut

Tomohon,RedaksiManado.Com~Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Sekda Kota Tomohon Ir. Djoike Karouw, MSi menghadiri Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara dari Pejabat lama Soekowardojo kepada Pejabat yang baru Arbonas Hutabarat, bertempat di Kantor Perkawakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Jumat 08/03/19.

Gubernur Provinsi Sulut, Olly Dondokambey, SE dalam kesempatan ini menyampaikan, sinergi yang telah terjalin antara Pemerintah Daerah, BI, OJK, Perbankan, dan otoritas terkait lainnya telah mendorong terciptanya stabilitas perekonomian yang terjaga, khususnya di Provinsi Sulut,kata Olly.

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulut tahun 2018 mencapai angka 6,01%, di atas pertumbuhan nasional, terutama didorong oleh peningkatan kinerja sektor transportasi dan perdagangan, seiring dengan meningkatnya sektor pariwisata. Selain itu, pembangunan infrastruktur telah menjadikan lapangan usaha konstruksi sebagai salah satu faktor penyumbang pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan pada beberapa sektor ekonomi tersebut telah mendorong kualitas pertumbuhan ekonomi Sulut cenderung meningkat, dengan angka kemiskinan dan rasio kini berada di bawah nasional, serta indeks pembangunan manusia berada di atas nasional. Dari sektor pariwisata, jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara meningkat di atas target, terutama pertumbuhan wisatawan mancanegara yang tumbuh rata-rata 86% selama tiga tahun terakhir,ujar Olly menjelaskan.

Dalam upaya pengendalian inflasi, khususnya di Provinsi Sulut, BI mengembangkan klaster ketahanan pangan, antara lain klaster Bawang Merah dan Tomat Sayur di Minahasa, klaster cabe di Kepulauan Sangihe, Sitaro dan Minahasa, serta klaster Pertanian Terpadu di Bolaang-Mongondow. BI juga melaksanakan program pengembangan potensi ekonomi daerah berupa klaster Kopi dan Nanas di Kotamobagu. Dalam upaya mendorong investasi di Provinsi Sulut, BI bersama dengan Dinas dan Instansi terkait melakukan inisiasi pengembangan Regional Investor Relation Unit (RIRU),tutup Gubernur.

Selanjutnya mantan kepala BI Provinsi Sulawesi Utara mengatakan banyak kerjasama dan hal menarik yang dijumpai ketika melaksanakan  tugas di Sulut begitupun dengan tantangan yang harus dihadapi.Kepala BI yang baru tentu, akan melanjutkan kegiatan yang telah dilakukan kepala perwakilan BI sebelumnya, kedepan BI akan senantiasa mengoptimalkan peran tugasnya guna menata sekaligus memperkuat peran kantor Bank Indonesia di daerah dengan memperhatikan perkembangan, tantangan, dan potensi ekonomi di wilayah setempat, katanya.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Erwin Riyanto, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara Andrei Angouw, SE dan Jajaran Forkopimda Sulut bersama undangan lainnya.**(abd4302)

EL , 3/08/2019

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: