» » » Kota Tomohon Raih SAKIP Award 2018

Tomohon,RedaksiManado.Com~Pemerintah Kota Tomohon berhasil memperoleh penghargaan dari KemenPAN RB atas prestasinya dalam penilaian Akuntabilitas Kinerja tahun 2018 dengan predikat nilai B.Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Sekda Kota Tomohon Max M. Mentu, SIP, MAP menerima penghargaan tersebut langsung dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin dalam acara penyampaian Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan SAKIP Award bagi Pemerintah da Wilayah III, di Makassar, Selasa (19/02/19).

Syafruddin mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 Pemerintah Daerah Wilayah III berhasil menghemat anggaran hingga Rp 6,9 Triliun dalam tahun 2018. Penghematan ini diperoleh melalui cross cutting program yang kurang sesuai, untuk kemudian dialihkan melalui refocusing program sehingga anggaran tepat sasaran.Penerapan SAKIP memastikan anggaran hanya dipergunakan untuk membiayai program ataupun kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. Penghematan anggaran terjadi dengan dihapusnya sejumlah kegiatan yang tidak penting dan yang tidak mendukung kinerja instansi.

Sementara itu Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PAN RB M. Yusuf Ateh menjelaskan hasil evaluasi yang disampaikan kepada Pemerintah Daerah bertujuan untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan.        

Kementerian PAN RB setiap tahunnya melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah.

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP kali ini diperuntukkan bagi 186 pemda di wilayah III yang terdiri dari seluruh 174 pemerintah kabupaten/kota dan 12 pemerintah provinsi se-Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak menyambut gembira dan mengapresiasi kinerja OPD dibawah pimpinannya bersama Wakil Walikota Tomohon Syerly A. Sompotan yang telah berhasil melaksanakan program dengan baik, efektif, efisien terencana dan terukur.                       Penghargaan SAKIP dengan Predikat B ini, merupakan hasil Kerjasama dan Kerja keras kita semua. 

“ Saya mengucapkan terimakasih semoga penghargaan ini memotivasi kita semua untuk meningkatkan kinerja dan gairah kita dalam menjalankan pemerintahan dan pelayanan publik, “ tuturnya.

Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) bertujuan untuk mengubah paradigma kinerja pemerintah, bukan lagi hanya melakukan program yang dianggarkan, tetapi cara paling efektif dan efisien mencapai sasaran.**(abd0802)

Elton RMC , 2/19/2019

Penulis: Elton RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: