.

.
» » Mendur:Koperasi Yang Tidak Laksanakan RAT Akan dibubarkan

Tomohon,RedaksiManado.Com~Jane Mendur.SE,Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Tomohon mengatakan akan melakukan pendataan UMKM dan Koperasi di Kota Tomohon Triwulan Satu,dikarenakan Menteri Koperasi dan UMKM RI meminta data yang tetap sebab yang diutamakan adalah kualitas dan bukan kuantitas.

"Pendataan Koperasi sudah dimulai dari tanggal 30 Januari sampai 23 Maret ini".Kata Mendur saat ditemui di ruang kerjannya.Rabu (31/01/2018).

"Sesuai data ada Koperasi ketika dikunjungi langsung dilapangan nama dan alamat tidak seperti data yang ada. Ini berarti koperasi ini ada ketika akan menerima bantuan setelah itu langsung bubar".Ujar Mendur.

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon melakukan pendataan ini dikarenakan untuk mengantisipasi koperasi-koperasi yang tidak jelas,dan seperti yang diketahui tahun lalu dinas koperasi dan umkm akan membubarkan 135 koperasi namun yang berhasil dibubarkan hanya 119 koperasi dikarenakan 16 koperasi masih terkendala kasus hukum.

Kadis Mendur mengatakan,saat ini ada 81 koperasi yang aktif namun dari data yang mereka miliki hanya ada 19 koperasi yang membuat RAT (rapat anggota tahunan).

"RAT merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi,karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggunjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan". Tambah Mendur

Bagi Koperasi apabila selama 2 Tahun tidak membuat RAT maka akan diusulkan untuk dibubarkan.

Selanjutnya,terkait UMKM kata Mendur Tahun ini memiliki target pendataan UMKM sebanyak 6000."Data sebenarnya UMKM yang tersebar di Tomohon sebanyak 14 ribu tapi untuk tahun ini baru akan didata sebanyak 6000".ujarnya
Menurutnya,UMKM harus memiliki Ijin Usaha Mikro Kecil Menengah."Ijin ini merupakan syarat utama dalam perkembangan UMKM". Tambahnya.sampai saat ini baru Kecamatan Tomohon Tengah yang telah memasukkan data.
**(abd3201)

EL 1/31/2018

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: