.

.
» » » Sejarah,Rossi Juara Assen 10 Kali

Assen,Redaksi Manado.Com~ MotoGP Belanda 2017 di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2017), menjadi momen yang spesial bagi Valentino Rossi. Pembalap Movistar Yamaha itu sukses meraih podium juara. Ini adalah kemenangan perdana Rossi di musim 2017.

Tren buruk Rossi akhirnya terhenti di MotoGP Belanda. Sebelumnya, ia sempat melewati empat balapan beruntun tanpa meraih podium. Beruntung, tren buruk itu terhenti dengan meraih podium juara di Assen.                                                                                                                                   Saat balapan baru dimulai, Johann Zarco yang merebut pole position langsung memimpin. Kecepatan bagusnya membuat Zarco unggul 0,7 detik atas dua pembalap di belakangnya, yakni Valentino Rossi dan Marc Marquez.
Drama pun terjadi pada lap ke-12. Itu setelah Rossi sukses menyalip Zarco di tikungan pertama. Zarco mencoba untuk meresponnya di tikungan ketiga. Tapi ia menyentuh ban belakang Rossi dan memilih untuk menurunkan kecepatan hingga kembali ke posisi ketiga.    Satu lap kemudian, rekan setim Rossi, Maverick Vinales yang mendapatkan kesialan. Ia harus mencium aspal, bahkan nyaris tertabrak Andrea Dovizioso karena Vinales terjatuh di tengah lintasan. Beruntung Dovizioso bisa menghindarinya.

Memasuki lap ke-17 MotoGP Belanda, The Doctor mulai nyaman memimpin balapan. Pembalap yang menempelnya bukan lagi Marquez, tapi Danilo Petrucci. Pembalap Pramac Racing itu menyalip Marquez pada lap ke-16 di tikungn kelima.    Di lima putaran terakhir, Rossi akhirnya benar-benar diasapi Petrucci. Hebatnya, Rossi kembali mengambil alih balapan satu lap kemudian. Tapi ia juga tak bisa memimpin balapan dengan nyaman karena Petrucci berada begitu dekat.

Pada akhirnya, Rossi mampu mempertahankan posisi tersebut hingga akhir balapan. Ia hanya unggul 0,063 detik atas Petrucci dan 5,201 detik atas Marquez. Sementara itu, Cal Crutchlow membuat kejutan dengan finis di posisi keempat.

Rossi secara resmi menjadi pebalap pertama yang berhasil mencetak kemeangan terpanjang selama 20 tahun 313 hari.Rossi adalah pebalap yang bisa cetak kemenangan sebanyak 10 kali di Sirkiut Assen.

Delapan kemenangan dicetak Rossi kala bermain di kelas premier dan 500cc.
Dua lainnya dimenangkan Rossi pada tahun 1998 saat bermain di kelas 250cc dan tahun 1997 dikelas 125cc
Ini artinya sudah 20 tahun berlalu sejak kemenangan pertama Rossi di Sirkuti Assen pada tahun 1997.(Abd)

EL , 6/25/2017

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: