.

.
» » » Hutan Portugal Terbakar 62 Orang Tewas Dilalap Si Jago Merah

Portugal,Redaksi Manado.Com~Portugal menyatakan berduka selama tiga hari untuk mengenang 62 korban jiwa dalam kebakaran hutan terburuk di negara itu.

Empat anak termasuk dalam korban jiwa, yang sebagian besar ditemukan di dalam mobil ketika mereka berupaya untuk menyelamatkan diri dari hutan yang terbakar di kawasan Pedrógão Grande.

Perdana Menteri, Antonio Costa, menyebutkanya sebagai 'tragedi terbesar yang kita saksikan dalam beberapa tahun belakangan dalam kebakaran hutan'.

Sementara ratusan pemadam kebakaran terus berjuang untuk memadamkan api dari berbagai arah.

Kebakaran menurut PM Costa, kemungkinan disebabkan oleh sambaran petir dan pada satu saat terdapat sekitar 156 area kebakaran pada Minggu (18/06).

Sebanyak 54 orang cedera, termasuk empat pemadam kebakaran- akibat api yang menyebar di kawasan hutan pegunungan sekitar 200km dari ibu kota Lisabon.

Ada kekhawatiran korban jiwa masih akan bertambah mengingat sejumlah orang masih hilang.

Menteri Dalam Negeri, Jorge Gomes, mengatakan sebagian besar korban meninggal akibat menghirup asap dan luka bakar, sementara dua orang tewas karena kecelakaan lalu lintas terkait dengan kebakaran.

Sebanyak 30 jenazah ditemukan di dalam mobil dan 17 lainnya di dekat mobil di jalan yang mengarah ke jalan bebas hambatan IC8 sedangkan 11 lainnya ditemukan meninggal di sebuah kampung di tepi jalan raya.

Prancis sudah menawarkan bantuan tiga pesawat pemadam kebakaran dan Spanyol sudah mengirim dua pesawat pengebom air untuk membantu pemadaman api.

Paus Fransiskus -yang mengunjjungi Portugal bulan lalu- menyatakan duka atas korban jiwa dalam pidato mingguannya, "Saya mengungkapkan kedekatan saya dengan warga Portugal yang saya cintai menyusul kebakaran yang menghancurkan itu."

Kebakaran berawal Sabtu (17/06) ketika cuaca amat panas -di beberapa tempat mencapai 40'C- dengan serangan badai tanpa hujan dan sambaran petir yang diperkirakan memercik api.(bbc/red)

EL , 6/19/2017

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: