.

.
» » Bupati Harap Sekdes Kuasai Manajemen Pemerintah dan Perencanaan

Bolmong,RedaksiManado.Com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Rabu (3/5) bertempat di Ball Room Paloko Hotel Sutan Raja Kotamobagu menggelar Bimbingan Teknis Aparatur Pemerintahan Desa, dalam Manajemen Pemerintahan Desa Tahun 2017.
Kegiatan Bimtek ini dibuka langsung Bupati Bolaang Mongondow Melalui Asisten Administrasi Pemerintahan Sekda Christofel Titov Kamasaan. Pj Bupati Bolaang Mongondow dalam sambutanya yang dibacakan oleh Assisten I  Menyampaikan desa adalah ujung tombak pemerintahan yang merupakan satu kesatuan masyarakat hukum, yang memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat.
“Desa memiliki posisi yang penting dan strategis, sebagai basis penyelenggaraan pelayanan publik, sehingga untuk dapat menjalankan peran tersebut secara efektif dan efisien, diperlukan adanya pengembangan dan peningkatan pengetahuan aparatur pemerintah desa, yang sesuai dengan perkembangan kemajuan masyarakat desa dan lingkungan sekitarnya, atau dengan kata lain, perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat desa, perlu diimbangi pula dengan pengembangan kapasitas aparatur pemerintah desa, karena tuntutan pelayanan dari masyarakat kepada pemerintah saat ini, semakin hari semakin beragam dan kompleks,”ucap Watung.
Untuk itu Bupati berharap, dalam mengantisipasi dan mengakomodir aspirasi masyarakat tersebut, aparatur pemerintah desa dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan kompetensi, pengetahuan serta wawasannya, sehingga dapat menguasai tugas-tugas aparatur pemerintah desa dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Oleh karena itu, melalui pelaksanaan bimbingan teknis kali ini, saya berharap kiranya seluruh peserta dapat memahami dengan baik manajemen pemerintahan desa dalam aspek perencanaan, pengawasan, kelembagaan dan keuangan desa, serta laporan penyelenggaraan pemerintahan desa, untuk nantinya diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, sehingga fungsi pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan di desa dapat terlaksana dengan baik,”harap Watung.
Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Albert Tangkere dalam Laporannya mengatakan tujuan pelaksanaan bimtek ini untuk meningkatkan pelayanan prima terhadapa masyarakat, meningkatkan pemahaman tentang administrasi dan pengelolaan keuangan Desa.
Sekedar informasih, waktu pelaksanaannya selama 4 (empat ) hari mulai tanggal 3 mei s/d 6 mei 2017 dan diikuti 200 orang Sekretaris Desa (Sekdes) se Bolmong yang dibagi dalam 3 gelombang. (LW)

Admin RMC 5/04/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: