» » Potuh:PDP Covid-19 dan Kontak Erat di Tomohon Bertambah

Tomohon,RedaksiManado.Com~Pemerintah Kota Tomohon melalui jurubicara gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di kota Tomohon Yelly Potuh didampingi oleh wakil juru bicara dr. Ria Sugiarto dan ibu Ellen Timerman,hari ini Kamis 9/4 bertempat di lantai 2 MPP Wale Kabasaran, menginformasikan data terbaru Covid-19.

Adapun data Covid-19 di kota Tomohon terkonfirmasi sampai dengan hari ini Kamis 9 April tahun 2020.Pelaku perjalanan di Kota Tomohon ada 1102 orang selanjutnya pelaku perjalanan yang selesai dipantau berjumlah 660 orang. orang dalam pemantauan atau ODP berjumlah 32 orang dan pasien dalam pengawasan atau PDP dari kemarin hari 1 orang hari ini menjadi 2 orang.Bertambahnya 1 orang tersebut adalah dari hasil rapid test reaktif dan saat ini sementara dalam perawatan di rumah sakit ,kata Potuh.

"Pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 masih tetap 2 orang yang satu sementara dirawat di rumah sakit dan yang satunya meninggal dunia. keduanya berasal dari Kecamatan Tomohon tengah,"ungkap Potuh

Masih menurut jubir Potuh,Pemerintah saat ini, sementara melakukan tracking kepada masyarakat dan tenaga medis yang mempunyai kontak erat dengan pasien positif meninggal.Untuk jumlah sementara hasil tracking adalah 114 orang, bertambah 17 dari kemarin hari hanya 97 orang.dengan perincian 27 orang petugas kesehatan dan 87 orang masyarakat.Rapid test sudah dilakukan kepada 90 orang dengan hasil 2 reaktif dan 88 non reaktif untuk pemeriksaan rapid test yang pertama,dan akan dilakukan pemeriksaan lanjutan melalui  swab test bagi yang memiliki hasil reaktif,jelasnya.

Potuh menambahkan,masyarakat yang terdata dalam tracking wajib isolasi mandiri sambil memonitor status kesehatan secara mandiri dan melaporkan hasil status kesehatan kepada Puskesmas setempat sambil menunggu pemeriksaan rapid test yang kedua yaitu 10 hari setelah rapid test pertama.Peralatan sampai saat ini masih sangat terbatas, untuk itu rapid tes masih diprioritaskan kepada orang-orang yang memiliki kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif.Sementara proses tracking masih berlanjut dan proses rapid test untuk sisa orang yang sudah di tracking masih juga sementara berlanjut.

Untuk masyarakat yang sudah dihubungi yang terdata memiliki kontak langsung atau kontak dengan pasien terkonfirmasi positif diharapkan untuk tetap tenang dan tidak panik, serta kooperatif secara sukarela untuk mendaftar dan diperiksa melalui rapid tes lewat Dinas Kesehatan maupun ke Puskesmas setempat juga bisa melalui online Puskesmas dan akan diberikan jadwal pemeriksaan,tutup Potuh.**(Abd4403)

Artur Hansang 4/09/2020

Penulis: Artur Hansang

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: