» » Kenali Manfaatnya Pisang Sesuai dengan Warna Kulitnya

RedaksiManado.Com - Pisang seringkali dipilih untuk menu sarapan karena selain rasanya yang lezat, kandungan nutrisi seperti potasium, serat dan vitaminnya dapat menjadi sumber energi saat menjalani hari.

Buah pisang juga dapat meningkatkan fungsi pencernaan karena kandungan seratnya. Kadar serat yang ada pun tergantung pada usia dari pisang tersebut.

Hal yang mungkin belum disadari adalah warna pisang atau tingkat kematangannya ternyata memiliki manfaat masing-masing dan tentunya berdampak baik bagi kesehatan.

Berikut manfaat pisang sesuai dari warna kulitnya dikutip dari berbagai sumber.

1. Hijau

Pisang yang masih muda atau berwarna hijau sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin tetap mengontrol kadar gula dalam darah. Pisang berwana hijau memiliki kadar indeks glikemik yang sangat rendah dan cocok bagi pengidap diabetes tipe 2.

Pisang muda atau hijau ini juga membuat rasa kenyang lebih lama yang berarti kamu akan makan lebih sedikit sehingga mengurangi kemungkinan makan terlalu banyak cemilan yang tidak sehat.

2. Kuning

Warna kuning pada pisang menunjukkan buahnya telah matang dengan sempurna. Kandungan gula dalam pisang berwarna kuning cukup tinggi tetapi akan lebih mudah dicerna. Dengan ini, sistem pencernaan mampu menyerap nutrisi lebih cepat.

Karena lebih mudah dicerna, pisang berwarna kuning adalah makanan ringan yang baik bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan. Selain itu, kandungan antioksidannya juga sangat tinggi yang bisa melindungi tubuh dari penyakit dan menghilangkan radikal bebas.

Kandungan antioksidan yang ada dalam pisang berwarna kuning salah satunya dopamin yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif lainnya.

3. Kuning dengan bintik cokelat

Pisang yang memiliki bintik di kulitnya agak lebih tua tetapi masih mengandung banyak antioksidan. Saat pisang sudah melewati tahap matang, kandungan antioksidan dan gula juga makin banyak.

Pisang berbintik juga mengandung zat yang membantu sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mencegah kanker. Tumor Necrosis Factor (TNF), yang berfungsi untuk menghancurkan tumor, terkait dengan titik-titik cokelat tersebut.

4. Cokelat

Saat pisang sudah berwarna cokelat dan lunak, kebanyakan orang merasa manfaat pisang sudah tidak ada lagi. Meski kandungan gulanya sangat tinggi, pisang jenis ini mengandung tryptophan yang membantu mengurangi stres dan kecemasan juga kaya nutrisi yang secara khusus meningkatkan kesehatan otot dan tulang. **(Red)

Redaksi manado 2017 3/03/2019

Penulis: Redaksi manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: