.

.
» » Sekda Korengkeng Buka Sistim Akuntabel Kinerja Instansi Daerah Kabupaten Minahasa

MINAHASA, RedaksiManado.Com -- Pemkab Minahasa melaksanakan kegiatan bimtek tentang ” Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Daerah (SAKIP) pada kamis (8/2/2018) bertempat di Ruang sidang kantor Bupati Minahasa. 

Kegiatan dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng, SH, M.Si, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit. SH, Kepala Bagian Organisasi Setdakab Minahasa Basaria T. D. L. Gaol, SE, MMSI, MCom (IS), Kepala Bagian Organisasi Kota Bandung Medi Mahendra, AP, S.Sos, M.Si, Kepala Sub Bagian Organisasi Kota Bandung Rahadian SE, jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa serta para peserta kegiatan.

Sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry R. Korengkeng, M.Si mengatakan kegiatan ini merupakan tekad dan komitmen untuk memberikan yang terbaik bagi pembangunan di tanah Minahasa tercinta ini.

Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka menyegarkan komitmen memperkuat motivasi kerja serta membangun kebersamaan Tim kerja Pemerintah Daerah- daerah guna mensinergikan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan selaras dengan tuntutan terhadap penyelenggaraan pemerintah yang baik dan bersih.

Pelaporan Kinerja dan Tata cara atas laporan kinerja instansi pemerintah, dituntut pengembangan dan penerapan sistem pertanggung jawaban yang jelas teratir dan efektif yang dikenal dengan “Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Daerah (SAKIP), Penerapan tersebut bertujuan agar penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan berdayaguna, berhasil guna dan bertanggung jawab serta bebas dari KKN dan jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa diharapkan akan semakin berfokus kepada peningkatan akuntabilitas serta peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil. Beliau menjelaskan Aplikasi SAKIP merupakan Re-Aplikasi dari program (SAKIP) yang telah diterapkan pemerintah kota Bandung, dimana Kota Bandung berhasil meraih predikat “A”, hanya dalam kurun waktu 1 tahun, oleh karena itu diharapkan dengan adanya narasumber dari pemerintah Kota Bandung dapat membantu Kabupaten Minahasa bisa mendapatkan predikat yang baik untuk penilaian LAKIP tahun mendatang.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali dan memberi pemahaman dan pengetahuan tentang laporan kinerja instansi pemerintah (LAKIP) di masing-masing SKPD. Melalui bimtek ini dapat mendorong instansi pemerintah untuk menyelenggarakan tugas umum pemerintah dan pembangunan secara baik dan benar yang berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, kebijaksanaan yang transparan dan dapat dipertanggungjawabkan serta menjadikam instansi pemerintah yang akuntabel sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif terhadap aspirasi masyarakat dan lingkungamnya agar tercipta kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Dengan mengikuti Bimtek di saat ini peserta diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam penyusunan laporan kinerja pemerintah yang bisa berdampak pada peningkatan kinerja instantasi pemerintah.

Diakhir sambutannya beliau berterima kasih kepada narasumber atas kesediaannya memfasilitasi kegiatan di saat ini, Kepala Bagian Organisasi Kota Bandung selanjutnya memberikan penjelasan singkat tentang Aplikasi SAKIP. menggunakan aplikasi SAKIP dapat meningkatkan efisiensi kerja karena tunjangan kinerja yang didapat dinamis sesuai dengan kinerja masing-masing, karena aplikasi ini dapat memperlihatkan kinerja masing-masing.

Kabupaten Minahasa adalah Kabupaten pertama di Sulawesi Utara yang akan menggunakan program aplikasi ini, Aplikasi ini digunakan karena sering RPJM dan Rencana strategi sering tidak searah. Dalam aplikasi ini akan tercatat semua indikator dan akan terlihat grafiknya, SAKIP bisa jadi juara tergantung dari komitmen kepala daerah” pungkasnya.(Angel)

Redaksi Manado 2017 2/08/2018

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: