.

.
» » DPRD Kota Semarang Sambangi Kota Bitung

BITUNG, RedaksiManado.Com – Bertempat di Ruang Lantai IV Sekretaris Daerah Kota Bitung Dr Audy Pangemanan membuka acara kunjungan acara DPRD Kota Semarang Dalam rangka optimalisasi peran perusahaan untuk ikut penanganan kemiskinan masyarakat perkotaan. Selasa 6 februari 2017. 

Dalam sambutanya Pangemanan mengatakan bahwa Data pertumbuhan ekonomi yang mana salah satu kontributornya adalah sektor perikanan di Kota Bitung terdapat 54 perusahaan unit pengolahan ikan baik skala kecil maupun besar dari 14 perusahaan pengalengan ikan skala besar yang ada di Indonesia 7 diantaranya ad di Kota Bitung atau 50 persen dari total yang ada sampai tahun 2014 industri pengolahan ikan tersebut menyerap 12.848 tenaga kerja atau buruh pabrik juga menggerakan industri penangkapan ikan untuk suplai bahan baku dangan total buruh nelayan atau ABK sebanyaj 20.400 orang namun sejak pemberlakuan moratorium izin penangkapan dan larangan transshipment tenaga kerja sektor tangkap berkurang 40% pengurangan tenaga kerja juga terjadi pada industri pengolahan sejak Tahun 2015 sampai tahun 2016 . 

Lanjutnya Pengemanan mengatakan bahwa dari peran perusahaan sebagai pelaku ekonomi perusahaan memiliki fungsi produksi,komsumsi,distribusi sebagai produsen, perusahaan memastikan bahwa barang/jasa yang di produksi di butuhkan oleh masyarakat luas. Sebagai komsumen ,komsumsi perusahaan terkait denn pengadaan bahan dan alat yang akan di gunakan dalam proses produksi termasuk pembelanjaan biaya tenaga kerja melalui pembayaran gaji karyawan sebagai produsen, perusahaan mengadakan aktifitas perdagangan pada setiap fungsi tersebut perusahaan menjalankan peran sebagai agen pembangunan yaitu membuka lapangan pekerjaan membangun infrastruktur dan meningkatkan kualitas pengelolaan dan pemanfaatan daerah agar semakin berdaya saing dan mendorong perputran ekonomi daerah. 

“Perputaran ekonomi tersebut menempatkan perusahaan pada posisi dan peran dalam penanganan kemiskinan dengan demikian semakin banyak aktifitas perusahaan dalam menyerap SDA atau komoditas dan SDM suatu Daerah serta pembangunan infrastruktur maka semakin rendah tingkat kemiskinan di suatu daerah tersebut untuk itulah pemerintah Daerah harus terus mendorong pertumbuhan dan percepatan kegiatan berusaha di Daerah melalui inofasi pelayanan investasi yang ramah ,murah,cepat, transparant dan efisien.” tandas Pangemanan 

Pangemanan berharap bahwa dalam program pemerintah pada hakekatnya bertujuan untuk mensejatrakan masyarakat karena masyarakat adalah subyek sekaligus menjadi obyek pembangunan dalam rangka pemberdayaan masyarakat, baik ekonomi maupun sosial. 

Turut hadir Asisten II Asisten III Ketua Tim bpk Joko Santoso SE.MM Wakil Ketua DPRD Kota Sorong . Serta Rombongan yang berjumlah 20 orang. Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan Sekretaris BAPPEDA (PP) .

Redaksi Manado 2017 2/08/2018

Penulis: Redaksi Manado 2017

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: