.

.
» » » Bersama Poktan Makaaruyan Wawali SAS Panen Raya Padi Di Woloan

Tomohon,Redaksi Manado.Com~Wawali SAS Panen Padi inpari-30 Perdana Bersama Kelompok Tani Makaaruyan Woloan III,  Kecamatan Tomohon Barat, Senin (25/9/17).

Dalam sambutannya Wawali SAS mengatakan sebagai pemerintah Kota Tomohon tentu mempunyai harapan buat seluruh petani yang ada untuk selalu mendukung dan melaksanakan semua program pemerintah sesuai dengan paket tekhnologi khususnya tanaman padi sawah.

Dikatakannya, dengan adanya pergiliran varietas, selain untuk meningkatkan produksi dapat  juga mencegah serangan hama dan penyakit tanaman. Wawali mengajak untuk terus menjalin kerjasama dengan pemerintah kota dan provinsi serta TNI AD, menjalin kerjasama dengan seluruh stakeholder pertanian guna suksesnya program di sektor Pertanian.

“saya berharap para petani senantiasa selalu mendengarkan apa yang diarahkan para penyuluhagar hasilnya lebih baik,” ujar SAS yang secara pribadi sangat mendukung program ini, dan kepada Kadis Pertanian SAS berharap agar bantuan kepada para petani diperbanyak melalui program-program yang langsung menyentuh kepada masyarakat khususnya para petani.

Sementara itu Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulut Dr Ir Jacklyn Motulo mengatakan BPTP merupatakn UPT dari Dari BPPTP Kementrian Pertanian yang merupakan instansi vertikal pusat dari kementrian pertanian dengan tugas melaksanakan pengkajian pertanian dan mendesiminasikan.“Usai melaksanakan pengkajian kami harus mendesiminasikan, mendampingi petani untuk memberikan teknologi dan menghasilkan teknologi,” ujar Motulo

Ia menambahkan bahwa BPTP ada di setiap provinsi dan kalau di BPPT ada 66 instansi serta juga balai-balai penelitian yang lain yang menghasilkan varietas unggul, menghasilkan tehknologi budidaya dan produk-produk semua itu link dengan BPTP.

“Jadi kalau kami butuh untuk teknologi,  misalnya ada teknologi di tanaman cabe yang belum kami pahami kami akan linkan ke peneliti-peneliti di balai penelitian tanaman sayur yang ada di Lembang, atau bunga-bunga yang akan dikembangkan di Kota Tomohon,” jelasnya.

“Tentu para penyuluh harus bekerja keras turun ke lapangan mendampingi para petani , kalau mereka tanam yang masih konvesional ajak agar menggunakan varietas unggul karena lamanya sama 3 bulan Cuma hasilnya jauh berbeda,”tandasnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir Vonni Pontoh mengatakan secara bertahap kekurangan beras ini harus dikurangi dengan peningkatan produksi melalui adopsi teknologi seperti saat  panen ini yaitu invari 30 yang mampu menaikkan produksivitas padi dari 5-8 ton, “jadi kalau seluruh areal sawah mampu menghasilkan produksi 8 ton secara bertahap angka kekurangan beras dapat ditanggulangi,” ujar Pontoh.

Wakil walikota SAS hadir didampingi Kadis Pertanian& Perikanan, Ir. Vonny Pontoh, MBA dan Camat Tomohon Barat, E.M. Joseph, SSTP, MSi. Kegiatan ini merupakan program dari BPTP Sulut yang dikepalai oleh Dr. Ir. Hiasinta F.J. Motulo. MSi.

Program ini sebagai bentuk sinergitas BPTP, Pemerintah Kota Tomohon, TNI dan masyarakat khususnya petani Turut hadir juga Dandim 1302 Minahasa, Letkol Inf. Juberth Nixon Purnama, S.Th(Abd)

EL , 9/25/2017

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: