.

.
» » » Atasi Kawasan Kumuh Pemkot Tomohon Bentuk Pokja

TOMOHON, RedaksiManado.Com - Rapat Pertemuan Kelompok Kerja Perumahan Dan Kawasan Permukiman (POKJA PKP) di Tomohon Dilaksanakan kantor badan perencanaan penelitian & pengembangan kota Tomohon jumaat 2 Juni 2017.

Untuk mengurangi dan mencegah tumbuhnya permukiman kumuh, diperlukan upaya bersama antara pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, dalam bentuk program/kegiatan inovatif dan tepat sasaran 

Kepala badan Perencanaan Penelitian & Pengembangan Ir. Ervinz Liuw, M.Si dalam pemaparannya menjelaskan bahwa yang pertama adalah berkaitan dengan tugas dan fungsi dari Kelompok Kerja Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kota Tomohon yang berdasarkan SK Walikota Tomohon Nomor 176 Tahun 2017. Didalamnya ada beberapa perangkat daerah/SKPD terkait yang masuk didalamnya, sehingga perlu adanya pemahaman tugas pokok dan fungsi serta peran yang berkaitan dengan keterlibatan di pokja ini. 

Dan yang kedua adalah sasaran kita untuk membicarakan bagaimana kita meminimalisasi tentang kawasan kumuh yang sudah di tetapkan ada beberapa kelurahan yaitu di Kecamatan Tomohon Utara Kelurahan Tinoor Satu, Tinoor Dua dan Kayawu, Kecamatan Tomohon Tengah Kelurahan Talete Satu, Kecamatan Tomohon Selatan Kelurahan Kampung Jawa, Pangolombian dan Tondangow yang masuk dalam kategori kawasan kumuh. Dalam pertemuan inilah kita membicarakan bagaimana langkah-langkah selanjutnya dan meminimalisasi juga daerah-daerah yang berpotensi kumuh. 

Liuw menambahkan, target saat ini adalah program 100 0 100, yang dimaksud adalah 100% untuk terlayani dengan air bersih, kemudian 0% untuk kawasan kumuh dan 100% untuk keterlayanan kaitannya dengan sanitasi, yang sudah harus terlaksana hingga tahun 2019 sesuai dengan target nasional. 

Dan yang terakhir adalah pembahasan tentang penanganan bantuan dari Kementerian PU lewat Dinas PU Provinsi untuk penanganan di 5 kelurahan berkategori kumuh di Kota Tomohon. 

Rapat ini dihadiri juga oleh Kadis PU & Penataan Ruang Kota Tomohon Joice Taroreh, ST. M.Si , kadis Perumahan Rakyat & Kawasan Pemukiman Ir. Enos Pontororing, M.Si , Tenaga Ahli management Keuangan Oversight Service Project – 8 Sulut Bpk. Noldy Wowor, SE , Asisten Koordinator “KOTAKU” (Kota Tanpa Kumuh) Tomohon Bpk. Bobby Poluan, S.Pt serta para pejabat terkait dan jajaran Badan Perencanaan Penelitian & Pengembangan Kota Tomohon. (Abd)

EL , 6/02/2017

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: