.

.
» » » » » Tomohon Fondasi Indonesia Menuju Smart City

TOMOHON, RedaksiManado.Com - Kota Tomohon terpilih sebagai salah satu dari 25 Kota/Kabupaten di Indonesia yang dinyatakan lulus assessment 'Gerakan Menuju 100 Smart city', yang diselenggarakan Dirjen Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan kementerian terkait. dan merupakan fondasi untuk Indonesia menuju smart city

Assessment yang dilakukan berdasarkan beberapa indikator diantaranya kemampuan keuangan daerah, indeks kota hijau oleh Kementerian PUPR, indeks kinerja pemerintah daerah dari Kemendagri, dan indeks kota berkelanjutan (khusus kota) dari Bappenas oleh 20 (dua puluh) assesor yang terdiri dari para akademisi, pemerintahan dan praktisi TI.

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE. Ak  menghadiri Launching Program Gerakan Menuju 100 smart city sekaligus turut menandatangani Nota Kesepakatan Bersama ( MoU) antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan 25 (dua puluh lima) Kota Kabupaten Terpilih 2017 di Hotel Four Point Sheraton Makassar, Senin (22/5).

Sementara itu, Dirjen Aptika Kemkominfo Samuel Pangerapan, mengatakan bahwa smart city bukan lagi pilihan tetapi merupakan keniscayaan karena seluruh dunia sudah menuju smart city. Dan saat ini yang diperlukan adalah implementasinya di setiap daerah. Tujuan smart city bukanlah bagaimana kota kabupaten membeli teknologi dan perlengkapannya, tetapi pemerintah harus memiliki strategi yang nilai tambahnya bisa diaplikasikan bagi kemajuan pelayanan.

"Smart city harus diperkuat dengan adanya perubahan mindset aparatur, proses bisnis untuk percepatan dalam pelayanan, dan komitmen untuk mengembangkan smart city yang berkelanjutan dalam jangka panjang," katanya.


Pada tahun pertama ini dipilih 25 kota kabupaten, selanjutnya dalam 2 (dua) tahun ke depan, ditargetkan 75 kota dan kabupaten lainnya, sehingga di tahun 2019 diharapkan akan terbentuk 100 kota kabupaten yang memiliki pondasi kuat untuk menjadi smart city. (Abd)

Admin RMC , , , 5/24/2017

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: