.

.
» » Pelantikan Pengurus Majelis Pembimbing dan Pengurus Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Kota Tomohon 2022-2026


Tomohon,RedaksiManado.Com~Bertempat di lapangan apel Polres Tomohon pada Kamis 4 Agustus 2022 dilaksanakan Pelantikan pengurus majelis pembimbing dan pengurus satuan karya pramuka Bhayangkara tingkat cabang Kota Tomohon masa bhakti tahun 2022 s/d 2026.

Dalam kesempatan ini Kapolres Tomohon AKBP Arian Primadanu Colibrito, S.I.K., M.H., selaku ketua majelis pembimbing satuan karya pramuka Bhayangkara dalam arahanya kepada saka bhayangkara  yang baru dikukuhkan untuk dapat mendorong perkembangan dan kemandirian satuan karya Bhayangkara untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa depan.

"Dibentuknya saka bhayangkara agar para anggota gerakan Pramuka yang telah mengikuti kegiatan kebhayangkaraan dapat memiliki pengetahuan, kemampuan,kecakapan dan keterampilan serta pengalaman dalam kebhayangkaraan, memiliki sikap hidup yang tertib dan disiplin serta ketaatan terhadap peraturan hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarkat. Memiliki sikap kebiasaan dan perilaku yang tangguh sehingga mampu mencegah, menangkal serta menanggulangi timbulnya Setian gangguan Kamtibmas sesuai dengan kapasitasnya sebagai anggota saka bhayangkara, kepekaan dan kewaspadaan serta daya tangkap dan penyesuaian terhadap setiap perubahan maupun dinamika sosial dilingkunganya, juga mampu memberikan latihan tentang pengetahuan kebhayangkaraan kepada para anggota gerakan Pramuka gugus depannya,"jelas Kapolres.

Lanjuk kata Kapolres, tak hanya itu sebagai saka bhayangkara harus memiliki pengetahuan tentang per undang-undangan lalu lintas, mampu menangani kecelakaan lalu lintas pada tingkat pertama dengan memberikan pertolongan pertama pada gawat darurat dan pengaturan lalu lintas. Mampu melakukan tindakan pertama terhadap kasus kejahatan tertangkap tangan yang terjadi di lingkungannya untuk kemudian segera menyerahkannya kepada kepolisian setempat. Mampu membantu Polri dalam mengamankan TKP dan melaporkan kejadian tersebut serta bersedia menjadi saksi.

Selain itu harus mampu membantu memberikan pertolongan dan penyelamatan serta rehabilitasi ketentraman masyarakat yang terganggu akibat konflik sosial, kecelakaan dan bencana alam yang terjadi di lingkungannya. Memahami dan mengaplikasikan di lapangan Setiap Krida yang terdapat didalam saka bhayangkara untuk membantu tugas Polri dalam menciptakan satuan Kamtibmas yang mantap.

"Saya mengajak para Pramuka saka bhayangkara Polres Tomohon untuk menjadi duta perubahan perilaku, yang dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19 dan tentunya sambil menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat, agar kita menjadi contoh sebagai warga negara yang baik tanpa melanggar hukum. Saya juga mengajak kakak-kakak dan adik adik-adik pramuka untuk terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, namun tatap dapat diikuti dengan riang gembira
Tetap berkegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat yang juga meningkatkan imunitas kita, hal yang juga penting dalam menjaga kesehatan kita, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Mari dengan momentum yang berbahagia ini kita tetap bersemangat, berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan kita, jangan pernah menyerah serta berputus asa, melainkan kita tunjukan bahwa Pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti,"imbuh Kapolres.

Diketahui para Pengurus Majelis Pembimbing dan Pengurus Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Kota Tomohon 2022-2026 dilantik langsung oleh Ketua kwarcab Kota Tomohon drg. Jean D'Arc Florentia Karundeng. Bhayangkara mempunyai arti sebagai  penjaga, pengawal, pengaman, atau pelindung keselamatan bangsa dan negara sedangkan kebhayangkaraan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan negara untuk menjamin tegaknya NKRI melandaskan Pancasila dan UUD RI tahun 1946. Dibentuknya saka bhayangkara adalah untuk mewujudkan kader-kader bangsa yang memiliki akhlak dan moral Pancasila guna ikut serta bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat melalui pendidikan kebhayangkaraan didalam gerakan Pramuka.

Hadir juga dalam pelaksanaan kegiatan
Ketua Bhayangkari cabang Kota Tomohon Ny. Dian Arian Primadanu Waka Polres Kompol Ferdinand Runtu, S.H  Wakil Ketua Bhayangkari cabang Tomohon Ny. Mary F. Runtu   Ketua kwarcab Kota Tomohon drg. Jean D'Arc Florentia Karundeng, Pengurus kwarcab pramuka Kota Tomohon, Pengurus majelis pembimbing satuan karya pramuka Bhayangkara yang baru di lantik, Pengurus satuan karya pramuka Bhayangkara tingkat cabang Kota Tomohon masa bhakti tahun 2022-2026 yang baru di lantik, Para camat (Ketua ranting pramuka), Kamabigus SMK / SMA, Pelatih dan pembina pramuka Kota Tomohon, Perwakilan adik-adik Pramuka SMP dan SMA yang ada di Kota Tomohon.**(EL)

Elton 8/04/2022

Penulis: Elton

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: