.

.
» » Mana Lebih Baik, Olahraga Pagi Atau Sore?


RedaksiManado.Com -- Olahraga menjadi rutinitas yang disarankan untuk dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Kebanyakan orang memilih berolahraga di pagi hari sebelum memulai rutinitas harian. Meski demikian ada juga yang justru memilih berolahraga di sore hari saat rutinitas harian selesai dilakukan

Ternyata, waktu olahraga yang Anda pilih memiliki manfaat kesehatan yang berbeda. Sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan olahraga yang dilakukan pagi hari memang bisa menghilangkan lemak tubuh, sementara olahraga di sore hari memiliki manfaat berbeda yakni untuk mengontrol gula darah.

Dilansir dari CNA, para peneliti melibatkan tikus sebagai objek penelitian. Tikus tersebut diatur sedemikian rupa agar melakukan olahraga rutin yakni jogging setiap pagi, sementara tikus lainnya berolahraga di sore hari.

Seiring waktu, terjadi perubahan substansial pada hewan pengerat ini. Meskipun penelitian ini menggunakan hewan sebagai objek, temuannya kemungkinan memiliki relevansi bagi manusia yang bertanya-tanya apakah lebih baik berolahraga sebelum bekerja, atau olahraga setelah jam kerja.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada 2019 lalu melibatkan pria yang mengikuti program olahraga untuk menurunkan berat badan.

Dari hasil penelitian kecil itu juga terlihat, mereka yang berolahraga di pagi hari menurunkan berat badan lebih banyak daripada mereka yang berolahraga di sore hari.

Meskipun belum bisa dipastikan secara detail pengaruh olahraga pagi atau sore hari pada manusia untuk kesehatan tubuh, Profesor kedokteran dan endokrinologi di University of Minnesota yang tidak terlibat dalam penelitian ini, Lisa Chow mengatakan rutinitas olahraga tetap penting dilakukan, terlepas pagi atau sore hari.

"Waktu terbaik bagi orang untuk berolahraga adalah kapan pun mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk berolahraga," kata dia.

Apalagi semakin banyak bukti menunjukkan bahwa olahraga berkontribusi untuk mencegah perubahan patologis, mengobati berbagai penyakit kronis, dan mengurangi rasio mortalitas dan morbiditas.

Dilansir dari NCBI, bukti ilmiah juga menunjukkan bahwa olahraga memainkan peran kunci dalam meningkatkan komponen kebugaran fisik yang berhubungan dengan kesehatan dan fungsi hormon.

Tidak peduli itu dilakukan pagi atau sore hari, olahraga teratur adalah hal yang penting dilakukan. Anda hanya perlu beradaptasi dan memilih gerakan olahraga yang paling cocok dilakukan saat pagi atau sore hari. **(CN)

Admin RMC 3/02/2022

Penulis: Admin RMC

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: