.

.
» » Kategori Kota,Tomohon Raih MCP Tertinggi di Sulut

Tomohon,RedaksiManado.Com~Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE AK CA melakukan Video Conference(VidCon) dengan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Koordinator Pencegahan KPK Wilayah III,di Kediaman Walikota Tomohon dan Command Centre Pemkot Tomohon Senin(04/05/2020).

Dalam kesempatan ini Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey S.E,mengucapkan terimakasih kepada KPK meskipun ditengah pandemi, tapi terus memotivasi kita untuk memberantas korupsi di daerah, pemerintah provinsi mendukung kegiatan KPK khususnya pencegahan korupsi di daerah,ujar Gubernur Olly.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.CA menyambut baik dan berterima kasih kepada KPK dan jajaran pemerintah Kota Tomohon atas perolehan MCP tertinggi untuk tingkat kota di Sulawesi Utara.Capaian MCP tertinggi ini menggambarkan bahwa koordinasi dan kerjasama diiringi kepatuhan dalam aturan telah dilakukan pemerintah Kota Tomohon dengan baik sehingga hasil yang di capai membanggakan dan sesuai dengan apa yang diharapkan,dan capaian ini akan terus memotivasi semua perangkat daerah untuk terus mempraktekkan,jelas Eman.

Sementara itu koordinator Pencegahan Wilayah III Ibu Aida Ratna Zulaiha memaparkan,Program KPK dalam penanganan Covid-19 bulan Mei-Juni yakni :
1.Pemantauan penerimaan bantuan(bersama inspektorat)
* Pendataan penerimaan bantuan, dengan basis DKTS dan perluasannya
* Penyaluran bantuan yang akuntabel dan transparan
2.Bersama BPKP melakukan pemantauan realokasi APBD dan penggunaannya
* PBJ Covid-19: Kesehatan, dampak ekonomi, PBJ dan lainnya
* Jaringan Pengaman Sosial, dan sebagainya.
3. Pemantauan penggunaan bantuan dari sumber anggaran lain,
* Kemensos
* Kemendes
* Pemerintah Provinsi
* Sumbangan masyarakat dan lainnya
4. Menampung pengaduan masyarakat terkait Covid-19 melalui https://jaga.id/ serta menyalurkan dan memantau penanganan pengaduannya ke Inspektorat (Pemprov dan Pemkab/Pemkot) disesuaikan dengan lingkup pengaduannya.

Kunci keberhasilan
* Komitmen Pimpinan Puncak
* Koordinasi Teknis: Sekda dan / Insepktur
* Support Data dari Organisasi Perangkat Daerah terkait kepada Admin MCP(Monitoring Centre Of Prevention)
* Komunikasi dengan Tim Korsupgah KPK.

Diketahui Kota Tomohon memperoleh nilai MCP tertinggi untuk tingkat kota di Sulawesi Utara. MCP Korsupgah merupakan pusat monitoring pencegahan yang memberikan informasi capaian kinerja program koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi (Korsupgah) yang dilaksakan oleh seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Best Practice Hasil MCP Tahun 2019 Kota Tomohon 100% pada Optimalisasi Pendapatan Daerah.

MCP adalah suatu aplikasi Monitoring Centre for Prevention (MCP) yang berisi kriteria-kriteria yang digunakan untuk menyusun laporan monitoring dari KPK, dan masing-masing Pemda mengisi laporan dengan mengentry data laporan ke aplikasi tersebut, selain laporan yang disampaikan, juga disertai bukti fisik, yang di foto dan dikrimkan bersama laporan yang dientry. Melalui aplikasi ini masing-masing Pemda melaksanakan Self Assesment.

Hadir juga Sekretaris Daerah Kota Tomohon , jajaran pemerintah Kota Tomohon dan dari pihak terkait.**(Abd2304)

EL 5/04/2020

Penulis: EL

RedaksiManado.Com : Situs Media Online yang menyajikan berita secara umum baik Internasional, Nasional dan Khususnya di Sulawesi Utara
«
Berikutnya
Posting Lebih Baru
»
Sebelumnya
Posting Lama

Tidak ada komentar: